Penulis / NIM
DEISINTA MANTU / 151413211
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. MARTIANTY NALOLE, M.Pd. / 0005035908
Pembimbing 2 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Abstrak
ABSTRAK
Deisinta Mantu. 2017. Meningkatkan Kemampuan Menentukan Bilangan Dan Urutan Banyak Benda Melalui Model Pembelajaran Picture And Picture Pada Siswa Kelas 1 SDN 6 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Martianty Nalole, M.Pd, dan Pembiming II Dra. Samsiar Rivai, S.Pd, S.Pd
Rumusan masalah Apakah kemampuan menentukan bilangan dan urutan banyak benda dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran picture and picture pada siswa kelas 1 SDN 6 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo?. Dan tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menentukan bilangan dan urutan banyak benda melalui model pembelajaran picture and picture pada siswa kelas 1 di SDN 6 Limboto Barat Kabupaten Gorotalo. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I yang mampu menentukan bilangan dan urutan banyak benda sebanyak 11 siswa atau 55% dan yang belum mampu sebanyak 9 siswa atau 45% hal ini belum sesuai dengan indikator yang ditetapkan yakni minimal 75% siswa yang dikenai tindakan memperoleh nilai 75 keatas sehingga dilanjutkan pada siklus ke II , pada siklus ke II yang mampu dalam menentukan bilangan dan urutan banyak benda sebanyak 17 siswa atau 85% dan yang belum mampu sebanyak 3 siswa atau 15% kemudian siswa yang belum mampu tersebut akan diberikan bimbingan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa dengan melalui model pembelajaran picture and picture kemampuan menentukan bilangan dan urutan banyak benda pada siswa kelas 1 SDN 6 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo meningkat.
Kata Kunci : Kemampuan Menentukan bilangan dan urutan banyak benda, Model Pembelajaran Picture and Picture
Download berkas