Penulis / NIM
MOHAMAD ARIF DAUD / 151413215
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Pembimbing 2 / NIDN
WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd / 0006038004
Abstrak
Mohamad Arif Daud.2018. Meningkatkan Kemampuan Membaca Cepat Melalui Model CIRC Pada Siswa di Kelas V SDN 2 Kabila Kabupaten Bone Bolango. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Evi Hasim M.Pd, danWiwy Triyanty Pulukadang, S.Pd,.M.Pd.
Rumusan masalahpada penelitian ini adalah apakah melalui model pembelajaran CIRC kemampuan siswa kelas V SDN 2 Kabila dalam membaca cepat akan meningkat? Adapun tujuan dari penelitian yaitu untuk meningkatkan kemampuan siswa kels V SDN 2 Kabila dalam membaca cepat melalui model pembelajaran CIRC Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas V yang berjumlah 21 orang.
Penelitian ini dilaksanakan secara bersiklus dan masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pemantauan evaluasi, refleksi dan analisis. Berdasarkan hasil penelitianpada siklus I menunjukan bahwa siswa yang memperoleh nilai di atas KKM berjumlah 14 orang dengan persentase 67%. Hal tersebut belum mencapai indikator kinerja yang diharapkan, sehingga dilakukan tindakan lanjutan ke siklus II. Pada siklus II menunjukkan adanya peningkatan, siswa yang memperoleh nilai di atas KKM berjumlah 19 orang dengan persentase 90%.
Hasil pada siklus II ini sudah mencapai indikator kinerja yang ditetapkan, sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan melalui model CIRC dapat meningkatkan kemampuan membaca cepat siswa di kelas V SDN 2 Kabila Kabupaten Bone Bolango.
Kata kunci: Membaca Cepat, Model CIRC
Download berkas