Penulis / NIM
ISMID HENGKY MUHAMMAD / 151413221
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Pembimbing 2 / NIDN
MUHAMMAD SARLIN, S.Pd., M.Pd / 0001098604
Abstrak
ABSTRAK
Ismid H Muhammad. 2017. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Melalui Media Google Maps di Kelas IV SDN 07 Suwawa Kabupaten Bone Bolango. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. Haris Mahmud, S.Pd,.M.Si, dan pembimbing II Muhammad Sarlin, S.Pd,.M.Pd.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan media Google Maps pada mata pelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 07 Suwawa? Adapun tujuan dari penelitian yaitu untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 07 Suwawa Kabupaten Bone Bolango pada mata pelajaran IPS melalui media Google Maps. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas IV yang berjumlah 27 orang. Penelitian ini dilaksanakan secara bersiklus dan masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pemantauan evaluasi, refleksi dan analisis. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I menunjukan bahwa siswa yang memperoleh nilai di atas KKM berjumlah 10 orang dengan persentase 38%. Hal tersebut belum mencapai indikator kinerja yang diharapkan, sehingga dilakukan tindakan lanjutan ke siklus II. Pada siklus II menunjukkan adanya peningkatan, siswa yang memperoleh nilai di atas KKM berjumlah 22 orang dengan presentase 85%. Hasil pada siklus II ini sudah mencapai indikator kinerja yang ditetapkan, sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media Google Maps dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas IV SDN 07 Kabupaten Bone Bolango.
Kata kunci: Hasil Belajar, Media, Google Maps
Download berkas