Penulis / NIM
RIRIN PUTRI V. GOBEL / 151413225
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. Hj. RUSMIN HUSAIN, S.Pd., M.Pd / 0014046012
Abstrak
ABSTRAK
Ririn Putri V. Gobel. 2017. Meningkatkan Kemampuan Siswa Menulis Kalimat Majemuk di kelas IV SDN 14 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Dajani Suleman M.Hum dan pembimbing II Dr. Hj. Rusmin Husain, S.Pd, M.Pd.
Rumusan masalahnya apakah dengan menggunakan kartu kalimat dapat meningkatkan kemampuan siswa menulis kalimat majemuk di kelas IV SDN 14 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa menulis kalimat majemuk di kelas IV SDN 14 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas.
Hasil penelitian menunjukan bahwa dari observasi awal yang mampu menulis kalimat majemuk 6 siswa atau 30%, belum mampu 14 siswa atau 70%. Pada siklus I yang mampu menulis kalimat majemuk 14 siswa atau 70%, yang belum mampu 6 siswa atau 30%, hal ini belum sesuai dengan indikator yang ditetapkan yakni 75% siswa yang dikenai tindakan memperoleh nilai 75 keatas sehingga dilanjutkan pada siklus II. Pada siklus II siswa yang mampu menulis kalimat majemuk 16 siswa atau 80%, yang belum mampu 4 siswa atau 20%, siswa yang belum mampu diberikan bimbingan sesuai dengan masalah yang dihadapi. Berdasarkan penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa dengan melalui teknik pembelajaran kartu kalimat kemampuan siswa menulis kalimat majemuk di kelas IV SDN 14 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo meningkat.
Kata Kunci : Kalimat Majemuk, Kartu Kalimat
Download berkas