Penulis / NIM
ASTIYANA SULI / 151413226
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. Hj. RUSMIN HUSAIN, S.Pd., M.Pd / 0014046012
Abstrak
ABSTRAK
Astiyana Suli, 2018. Meningkatkan Kemampuan Menulis Kata Ulang Melalui Model Pembelajaran Picture And picture Pada Siswa Kelas IV SDN 7 Suwawa Kabupaten Bone Bolango, Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Dajani Suleman, M.Hum dan Pembimbing II Dr. Rusmin Husain, S.Pd., M.Pd.
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture kemampuan menulis kata ulang pada siswa kelas IV SDN 7 Suwawa Kabupaten Bone Bolango dapat meningkat? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis kata ulang melalui model pembelajaran picture and picture pada siswa kelas IV SDN 7 Suwawa Kabupaten Bone Bolango. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil observasi awal dari 19 siswa yang mampu menulis kata ulang sebanyak 5 siswa (26,31%), siswa yang belum mampu dan masih membutukan bimbingan guru sebanyak 14 siswa (73,68%). Pada siklus I kemampuan menulis kata ulang mengalami peningkatan, dari jumlah 19 siswa yang memperoleh kategori mampu menjadi ada 10 siswa (52,63%), pada pelaksanaan tindakan siklus II mengalami peningkatan yang signifikan dari jumlah 19 orang siswa yang memperoleh kategori mampu ada 16 siswa (84,21%). Jadi dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis kata ulang melalui model pembelajaran picture and picture pada siswa kelas IV SDN Suwawa Kabupaten Bone Bolango Meningkat.
Kata Kunci : Kata Ulang, Model Pembelajaran Picture And Picture
Download berkas