Penulis / NIM
INDRAWATI BUTOLO / 151413231
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Pembimbing 2 / NIDN
SAMSI POMALINGO, S.Ag.MA / 0020057605
Abstrak
ABSTRAK
Indrawati Butolo, 2017. Peran Guru Dalam Membentuk Sikap Sosial Siswa Melalui Mata Pelajaran PKn di Kelas IV SDN 2 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Hakop Walangadi, M.Si dan pembimbing II Samsi Pomalingo, S.Ag, MA
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru dalam membentuk sikap sosial siswa melaui mata pelajaran PKn di kelas IV SDN 2 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo.
Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, bahwa peran guru dalam membentuk sikap sosial siswa melaui mata pelajaran PKn sudah baik. Untuk membentuk perilaku siswa agar memiliki kebiasaan bersikap sosial maka dibutuhkan kerja sama yang baik antara pihak sekolah dan orang tua siswa karena siswa banyak menghabiskan waktu dilingkungan keluarga. Jadi upaya untuk menerapkan sikap sosial siswa tidak hanya dibebankan pada kepala sekolah atau guru kelas, namun semua ini merupakan tanggung jawab bagi seluruh pihak sekolah dan juga orang tua.
Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa peran guru dalam membentuk sikap sosial siswa perlu melibatkan orang tua siswa agar terjalin kerjasama yang baik dalam pembentukan sikap sosial siswa itu sendiri.
Kata kunci: Peran Guru, Sikap Sosial, Pelajaran PKn.
Download berkas