Penulis / NIM
DITYA IBRAHIM / 151413233
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ISNANTO, S.Pd., M.Ed / 0010078009
Abstrak
ABSTRAK
Ibrahim, Ditya. 2017. Pengaruh Kinerja Dosen Terhadap Kepuasan Mahasiswa Pada Perkuliahan Berbasis Web Di Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Skripsi. Program Studi S1 PGSD Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. H. Haris Mahmud, S.Pd, M.Si dan Pembimbing II Dr. Isnanto, S.Pd., M.Ed
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kinerja dosen terhadap kepuasan mahasiswa pada perkuliahan berbasis Web di Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa semester IV dan semester VI, dengan jumlah 301 mahasiswa. Jenis penelitian ini adalah ex post facto. Jumlah sampel ditentukan berdasarkan rumus n=N/(N.d^2+1) dengan tingkat kepercayaan 1%. Jumlah. setiap sampel dipilih secara sampling purposive dimana dilakukan dengan pertimbangan-pertimbangan tertentu. Jumlah sampel sebanyak 73 sampel.
Hipotesis dalam penelitian ini diuji dengan menggunakan analisis regresi dan korelasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja dosen berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan mahasiswa. Setelah dilakukan pengolahan data statistika diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar r = 0.44 yang berarti variabel kinerja dosen memiliki pengaruh secara signifikan terhadap kepuasan mahasiswa. Hal ini didukung oleh determinasi r2 = 0.1925 atau sebesar (19.25%). Hasil tersebut menunjukkan bahwa kinerja dosen dinilai hanya 19.25% yang mempengaruhi kepuasan mahasiswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kinerja dosen 19.25% berpengaruh terhadap kepuasan mahasiswa.
Kata kunci: Kinerja Dosen, Kepuasan Mahasiswa, Perkuliahan Berbasis Web
Download berkas