Penulis / NIM
LILIS LISNAWATI DUDE / 151413238
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
SUMARNI MOHAMAD, S.Pd, M.Pd / 0024025602
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Abstrak
ABSTRAK
Lilis Lisnawati Dude . 2017. Meningkatkan Kemampuan Menulis Surat pada Teman Sebaya Melalui Model Think Pair Share di Kelas IV SDN 2 Payunga Kecamatan Batudaa Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Hj. Sumarni Mohamad S,Pd. Pembimbing II: Dra. Salma Halidu S,Pd, M.Pd
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah "Apakah Melalui Model Think Pair Share Kemampuan Siswa dalam Menulis Surat Pada Teman Sebaya di Kelas IV di SDN 2 Payunga Kecamatan Batudaa Kabupaten Gorontalo dapat meningkat? Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Surat pada Teman Sebaya melalui Model Think Pair Share di Kelas IV SDN 2 Payunga Kecamatan Batudaa Kabupaten Gorontalo yang berjumlah 26 orang siswa. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, tes hasil belajar dan analisis data.
Hasil observasi awal menunjukan bahwa dari 26 siswa yang mampu menulis surat pada teman sebaya hanya 7 orang atau 27% yang mampu menulis surat dengan baik. Pada siklus I mengalami peningkatan menjadi 15 orang atau 62,5% yang mampu menulis surat pada teman sebaya melalui model think pair share. Pada siklus II meningkat menjadi 23 orang atau 88,40%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa melalui model think pair share Kemampuan Menulis Surat pada Teman Sebaya di Kelas IV SDN 2 Payunga Kecamatan Batudaa Kabupaten Gorontalo Meningkat.
Kata Kunci: Kemampuan Siswa, Surat Pribadi, Model Think Pair Share
Download berkas