SKRIPSI

Penulis / NIM
MEGAWATY N. ALAM / 151413241
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
DR ASNI ILHAM, S.Pd, M.Si / 0007045908
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Abstrak
ABSTRAK Megawaty N. Alam. 2018 ..."Pengaruh Penyesuaian Diri Terhadap Prestasi Belajar Siswa SDN 91 Sipatana Kota Gorontalo. Skripsi. Program Studi S1 PGSD Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Asni Ilham M.Si, dan Pembimbing II Dra. Salma Halidu S.Pd, M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu ..."Apakah terdapat pengaruh penyesuaian diri terhadap prestasi belajar siswa SDN 91 Sipatana Kota Gorontalo dengan tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh penyesuaian diri terhadap prestasi belajar siswa SDN 91 Sipatana Kota Gorontalo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metodeex post facto. Populasi dalam penelitian berjumlah 274 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakanteknik simple random sampling dimana dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi itu sehingga diperoleh sampel sebanyak 68 siswa. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pengujian validitas data, pengujian realibilitas, dan pengujian normalitas data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penyesuaian diri berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar yang ditunjukan dengan persamaan regresi ... = -1226.74 + 26.41 X, yang telah teruji keberartian pada = 0.05. Persamaan ini mengandung makna bahwa setiap terjadi perubahan peningkatan 1 unit pada variabel X (Penyesuain Diri) maka akan diikuti peningkatan variabel Y (Prestasi Belajar) sebesar rata-rata 0.33. Jadi semakin baik penyesuain diri siswa maka akan semakin meningkat pula prestasi belajar siswa. Regresi antara penyesuain diri dengan prestasi belajar berbentuk regresi linier. Hasil pengolahan data statistika diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar r = 0.84 yang berarti variabel penyesuaian diri memiliki pengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Hal ini didukung oleh determinasi r2 = 70.56 atau sebesar (70.56%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penyesuaian diriberpengaruh 70.56% terhadap prestasi belajar siswa. Kata kunci: Penyesuaian Diri, Prestasi Belajar Siswa ABSTRACT Alam, Megawaty N. 2018 "The Effect of Self-Adjustment on Students Learning Achievements at Elementary School SDN 91 Sipatana, Gorontalo City". Undergraduate Thesis. Department of ElementaryTeacher Education, Faculty of Education, Universitas Negeri Gorontalo. Principal Supervisor: Dr. Asni Ilham M.Si.Co-Supervisor: Dra. Salma Halidu S.Pd, M.Pd. The problem statement of this study is "Is there an effect of self-adjustment on students achievement at Elementary of SDN 91 Sipatana, Gorontalo City?".This research aims to determine the effect of self-adjustment on students achievementsat Elementary of SDN 91 Sipatana, Gorontalo City. This quantitative research employed the post facto method with 274 students as the population. Furthermore, the research used a simple random sampling technique where it was done randomly regardless of the levels that existed in that population so that 68 students were obtained as the sample. The techniques applied in data collection werea questionnaire, observation, and documentation. Moreover, data analysis techniques were data validitytest, reliability test, and normality test. The results reveal that self-adjustment significantly influences learning achievement as indicated by the regression equation ... = -1226.74 + 26.41 X, which has been tested for significance at = 0.05. This equation implies that every change in a unit of increase in variable X (Self Adjustment) will be followed by an increase in the variable Y (Learning Achievement) by an average of 0.33. Therefore, the better the student's self-adjustments, the higher the student's learning achievement will be. Regression between self-adjustment and learning achievement is in the form of linear regression. The results of statistical data processing obtain a correlation coefficient of r = 0.84, which means the adjustment variable has a significant influence on students learning achievement. Itis supported by the determination of r2 = 70.56 or equal to (70.56%). Thus, it concludes that self-adjustment has an effect of 70.56% on students learning achievement. Keywords: Self-Adjustment, Students Learning Achievement
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011