Penulis / NIM
FEROLINA NOPRIYANTI TAHA / 151413243
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. YUSUF JAFAR, M,Pd / 0027095706
Pembimbing 2 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Abstrak
ABSTRAK
Ferolina N. Taha 2018. Pengaruh Model Numbered Head Together (NHT) Terhadap Kemampuan Membaca Denah Pada Siswa Kelas IV Di SDN Kecamatan Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango Skripsi, Program Studi Ilmu Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing1 Dr. Yusuf Jafar, M.Pd dan PembimbingII Dra. Dajani Suleman, M.Hum
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah terdapat Pengaruh Model Numbered Head Together (NHT) Terhadap Kemampuan Membaca Denah Pada Siswa Kelas IV Di SDN Kecamatan Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango. Tujuannya adalah untuk mengetahui pengaruh Pengaruh Model Numbered Head Together (NHT) Terhadap Kemampuan Membaca Denah Pada Siswa Kelas IV Di SDN Kecamatan Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode pre experimental design dengan rancangan one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV Di SDN Kecamatan Tilongkabila yang terdiri dari 2 Sekolah Dasar yakni SDN 9 Tilongkabila dan SDN 4 Tilongkabila teknik sampel yang digunakan adalah teknik sampling purposive. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah media pembelajaran dan variabel terikat dalam penelitian ini adalah kemampuan membaca denah. Penelitian ini menggunakan instrument tes.
Berdasarkan hasil penelitian, terdapat pengaruh Model Numbered Head Together (NHT) terhadap Kemampuan Membaca Denah Pada Siswa Kelas IV, dengan nilai rata-rata hasil kemampuan membaca denah siswa di kelas perlakuan sebelum menggunakan Model Numbered Head Together (NHT) yaitu 67,57 dan setelah menggunakan Model Numbered Head Together (NHT) yaitu 81,59. Berdasarkan kriteria pengujian hipotesis diperoleh thitung = 11,24 dan ttabel = 1,70 atau thitung > ttabel, dengan kata lain thitung berada diluar daerah penerimaan hipotesis H0 (H0 ditolak) yang berarti menerima hipotesis alternatif (H1 diterima). Hal ini berarti terdapat pengaruh Model Numbered Head Together (NHT) Terhadap Kemampuan Membaca Denah Pada Siswa Kelas IV Di SDN Kecamatan Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango
Kata Kunci : Numbered Head Together (NHT), Kemampuan Membaca Denah
ABSTRAK
Ferolina N. Taha 2018. Influence of Numbered Head Together (NHT) Model on Reading Skill Ability in fourth grade students in SDN Tilongkabila Sub-district of Bone Bolango Thesis, Elementary School Teacher Education Study Program (PGSD), Faculty of Education, State University of Gorontalo. Advisors1 Dr. Yusuf Jafar, M.Pd and Dra. Dajani Suleman, M.Hum
The problem of this research is whether there is Influence of Numbered Head Together Model (NHT) on Reading Skill Ability in fourth grade students in SDN Tilongkabila Sub-district of Bone Bolango Regency. The objective is to know the influence of Numbered Head Together (NHT) Model Influence on Reading Ability of the Plan on Class IV Students at SDN Kecamatan Tilongkabila Bone Bolango Regency. This research is done by using pre experimental design method with one group pretest-posttest design. Population in this research is all student of class IV In SDN Kecamatan Tilongkabila which consists of 2 Elementary School that is SDN 9 Tilongkabila and SDN 4 Tilongkabila sample technique used is purposive sampling technique. The independent variable in this study is the learning media and the dependent variable in this study is the ability to read the floor plan. This study uses a test instrument.
Based on the result of this research, there is influence of Numbered Head Together (NHT) Model to the Reading Ability of the Plan of Grade IV, with the average score of students reading skill in the treatment class before using Numbered Head Together Model (NHT) of 67,57 and after using Model Numbered Head Together (NHT) that is 81,59. Based on the hypothesis testing criteria obtained thitung = 11.24 and ttable = 1.70 or tcount> ttable, in other words thitung is outside the acceptance of the hypothesis H0 (H0 rejected) which means accept alternative hypothesis (H1 accepted). This means that there is influence of Numbered Head Together (NHT) Model on Reading Skill Ability in Class IV Students In SDN Kecamatan Tilongkabila Bone Bolango Regency
Keywords: Numbered Head Together (NHT), Reading Skill Ability
Download berkas