Penulis / NIM
I DEWA GEDE SURYANTHA / 151413245
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. RUSMIN HUSAIN, S.Pd., M.Pd / 0014046012
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ISNANTO, S.Pd., M.Ed / 0010078009
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana guru: (1) menggunakan pendekatan dalam manajemen kelas; (2) langkah-langkah kegiatan manajemen kelas yang dilakukan guru; (3) tantangan dan dukungan dalam manajemen kelas. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskritif kualitatif dan jenis penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data yang peneliti gunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan bahwa di SDN 2 Telaga, pada kelas IV guru menggunakan 2 pendekatan yaitu pendekatan pengajaran dan pendekatan kelompok, sedangkan pada kelas V guru menggunakan 3 pendekatan yaitu pendekatan kekuasaan, pendekatan kerja kelompok, dan pendekatan ancaman. Dan untuk mendukung keberhasilan manajemen kelas guru didukung oleh 3 pihak yaitu pihak pemerintah, sekolah, dan pihak wali murid (hiyula kelas). Adapun dukungan dari pihak pemerintah dan sekolah yaitu memberikan biaya bantuan operasional sekolah (BOS), dan memberikan dukungan beruapa buku-buku pelajaran dan kit alat peraga untuk menunjang proses pembelajaran. Sedangkan dukungan dari pihak wali murid berupa toilet di dalam kelas, kipas angin dan AC, serta kajebo dan pot-pot bunga. Dengan adanya dukungan sarana dan prasarana dari ketiga pihak tersebut terlihat jelas bahwa di sekolah SDN 2 Telaga menjalin koordinasi kerja sama yang baik antara pihak pemerintah, sekolah, dan orang tua murid yang bertujuan memberikan kenyamanan belajar bagi peserta didik.
Keywords: Manajemen Kelas
ABSTRACT
This study aims to determine the extent to which teachers: (1) use an approach in classroom management; (2) the steps for classroom management activities carried out by the teacher; (3) challenges and support in classroom management. This study uses a qualitative descriptive approach and qualitative research types. Data collection methods that researchers use are observation, interviews, and documentation
Based on the results of research and discussion that at SDN 2 Telaga, in grade IV the teacher used 2 approaches, namely the teaching approach and the group approach, while in class V the teacher used 3 approaches, namely the power approach, group work approach, and the threat approach. And to support the success of classroom management, teachers are supported by 3 parties, namely the government, schools, and the parents (hiyula class). There is support from the government and schools, namely providing school operational assistance costs (BOS), and providing support for textbooks and teaching aids kits to support the learning process. Meanwhile, support from the parents is in the form of toilets in the classroom, fans and air conditioning, as well as kajebos and flower pots. With the support of facilities and infrastructure from these three parties, it is clear that SDN 2 Telaga schools have good coordination between the government, schools, and parents of students which aims to provide learning comfort for students.
Keywords: Class Management
Download berkas