Penulis / NIM
SARMIN LAUHI / 151413248
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. RUSMIN HUSAIN, S.Pd., M.Pd / 0014046012
Pembimbing 2 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Abstrak
ABSTRAK
Sarmin Lauhi. 2018. Penerapan Model Pembelajara Artikulasi Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Siswa Kelas V SDN No 23 Dungingi Kota Gorontalo. Skripsi, Progran Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Rusmin Husain, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Dajani Suleman, M.Hum.
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu "Apakah melalui penerapan model pembelajaran artikulasi dapat meningkatkan kemampuan berbicara pada siswa kelas V SDN No 23 Dungingi Kota Gorontalo?". Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa melalui model pembelajaran artikulasi pada siswa kelas V SDN No 23 Dungingi Kota Gorontalo.
Hasil penelitian menunjukkan pada observasi awal dari 28 siswa yang mampu berbicara hanya 12 siswa atau 42%, dan tidak mampu 16 siswa atau 57%. Pada siklus I meningkat 17 siswa atau 60% yang mampu, dan tidak mampu 11 siswa atau 39%. Pada siklus II meningkat 23 siswa atau 82% yang mampu, dan yang tidak mampu 4 siswa atau 17%. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas tersebut, disimpulkan bahwa dengan melalui model pembelajaran artikulasi kemampuan berbicara pada siswa kelas V SDN No 23 Dungingi Kota Gorontalo Meningkat.
Kata Kunci : Artikulasi, Berbicara
Download berkas