Penulis / NIM
ERVINA K. ISMAIL / 151413258
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. YUSUF JAFAR, M,Pd / 0027095706
Pembimbing 2 / NIDN
SUMARNI MOHAMAD, S.Pd, M.Pd / 0024025602
Abstrak
ABSTRAK
Ervina K. Ismail. 2014. "Meningkatkan Kemampuan Menulis Kata Melalui Model Round Table Pada Siswa Kelas II SDN 4 Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo. Skripsi SI Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I : Dr. Yusuf Djafar, S.Pd, M.Pd, Pembimbing II : Hj. Sumarni Mohamad, S.Pd, M.Pd.
Pemasalahan dalam penelitian ini adalah "Apakah kemampuan menulis kata dapat ditingkatkan melalui pembelajaran model Round Table pada siswa kelas II SDN 4 Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo. Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menuilis kata melalui model Round Table pada siswa kelas II SDN 4 Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo. Metode Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus di Kelas II SDN 4 Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh peneliti, maka diperoleh hasil bahwa pada observasi awal siswa yang mampu menulis kata dengan tepat hanya sebanyak 5 siswa ( 20,8 %),Setelah dilakukan tindakan siklus I Kemampuan siswa dalam menulis kata meningkat menjadi 15 siswa ( 62,5%), Sedangkan pada siklus II mencapai 22 siswa ( 91,7 %) yang sudah mampu menulis kata dengan tepat. Secara keseluruhan hasil penelkitian tersebut dapat disimpulkan jika digunakan metode pembelajaran kooperatif model Round Table,maka kemampuan siswa dalam menulis kata dapat ditingkatkan.
Kata Kunci : Menulis Kata, Kooperatif dan Model Round Table
Download berkas