Penulis / NIM
SARIPA UI / 151413260
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. YUSUF JAFAR, M,Pd / 0027095706
Abstrak
ABSTRAK
Saripa Ui, 151413260, 2014. Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Metode Pemberian Tugas di Kelas 2 SDN 6 Telaga Biru Kecamatan Telaga Biru Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Dra. Hj. Salma Halidu, S.Pd,M.Pd dan Pembimbing II Dr. Yusuf Jafar, M.Pd.
Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah: Apakah dengan metode pemberian tugas, kemampuan siswa dalam membaca permulaan dapat meningkat?. Adapun tujuan dari penelitian tindakan kelas ini yaitu meningkatkan kemampuan siswa membaca permulaan melalui metode pemberian tugas. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus masing-masing meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Untuk memperoleh data penelitian, dilalukan melalui observasi pembelajaran dengan menggunakan lembar observasi.
Hasil penelitian tindakan kelas menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan siswa dalam membaca permulaan melalui metode pemberian tugas dalam 2 siklus. Pada observasi awal siswa yang mampu membaca permulaan hanya 5 siswa atau 29,41%, sedangkan yang belum mampu membaca permulaan 12 orang siswa atau 70,59%. Untuk siklus I terdapat 7 siswa atau 41,18% yang mampu membaca permulaan, dan 10 siswa atau 58,82% belum mampu membaca permulaan, namun siklus II meningkat menjadi 14 siswa atau 82,35% yang mampu membaca permulaan dan hanya 3 siswa atau 17,65% belum mampu membaca permulaan. Dengan demikian maka dengan metode pemberian tugas, kemampuan siswa dalam membaca permulaan di kelas 2 SDN 6 Telaga Biru, Kabupaten Gorontalo meningkat.
Kata Kunci: Kemampuan membaca permulaan, Metode Pemberian tugas
Download berkas