Penulis / NIM
AMINAH NUSI BAGUE / 151413261
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
SUMARNI MOHAMAD, S.Pd, M.Pd / 0024025602
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Abstrak
ABSTRAK
Aminah Nusi Bague. NIM. 151 413 261. "Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara pada Siswa Kelas IV di SDN 4 Talaga Jaya Kecamatan Talaga Jaya". Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Hj. Sumarni Mohamad, S.Pd, M.Pd, dan pembimbing II Dra. Hj. Salma Halidu, S.Pd, M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan keterampilan berbicara pada siswa kelas IV di SDN 4 Telaga Jaya Kecamatan Telaga Jaya?. Penelitian ini bermakasud untuk meningkatkan keterampilan berbicara melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas IV di SDN 4 Talaga Jaya Kecamatan Talaga Jaya. Peneliti menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif. Metode ini digunakan dengan maksud untuk mengetahui meningkatkan keterampilan berbicara melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas IV di SDN 4 Talaga Jaya Kecamatan Talaga Jaya.
Pada pelaksanaan siklus I diketahui bahwa rata-rata keterampilan berbicara siswa sebesar 78.28%, namun rata-rata tersebut belum mencapai indikator capaian yakni sebesar 80%. Maka dilanjutkan pada siklus II, pada pelaksanaan tindakan siklus IIdiperoleh hasil rata-rata keterampilan berbicara siswa sebesar 90.91% atau terjadi peningkatan sebesar 12.63%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan keterampilan berbicara siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD di kelas IV di SDN 4 Talaga Jaya Kecamatan Talaga Jaya, terbukti".
Kata Kunci: Kooperatif Tipe STADdan Keterampilan Berbicara Siswa
Download berkas