Penulis / NIM
SRI DAHNIAR MANSUR / 151413266
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
Drs DJOTIN MOKOGINTA, M.Pd / 0010055705
Abstrak
ABSTRAK
Sri Dahniar Mansur. 2014. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hubungan Antara Keadaan Awan Dan Cuaca Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick di Kelas III SDN 3 Limboto Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Program Studi S1-PGSD, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Prof. Dr. H. Abd Haris PanaI, S.Pd, M.Pd Pembimbing II : Drs. Djotin Mokoginta, M.Pd.
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah Apakah melalui model pembelajaran kooperatif tipe talking stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi hubungan antara keadaan awan dan cuaca di kelas III SDN 3 Limboto. Tujuan penelitian untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe talking stick pada materi hubungan antara keadaan awan dan cuaca dikelas III SDN 3 Limboto. Adapun Jenis penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian 28 siswa kelas III SDN 3 Limboto.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I. Siswa yang hasil belajarnya telah mencapai ketuntasan kriteria minimum pada mata pelajaran IPA yang telah ditetapkan sekolah yakni 75 sebanyak 20 siswa dengan presentase 71%. Sedangkan pada siklus II, Siswa yang hasil belajarnya telah mencapai ketuntasan sebanyak 28 siswa dengan presentase 100%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe talking stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi hubungan antara keadaan awan dan cuaca di kelas III SDN 3 Limboto Kabupaten Gorontalo.
Kata Kunci: Hubungan antara keadaan awan dan cuaca, Talking Stick.
Download berkas