Penulis / NIM
NELVIN PAKAYA / 151413267
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. SUKIRMAN RAHIM, S.Pd, M.Si / 0029077604
Abstrak
ABSTRAK
Nelvin Pakaya. 2014. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kegunaan Matahari Sebagai
Sumber Kehidupan Melalui Metode Demonstrasi di Kelas II SDN 20 Limboto Kabupaten
Gorontalo. Skripsi, Program Studi S1-PGSD, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas
Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Prof. Dr. H. Abd. Haris PanaI, S.Pd,
M.Pd, Pembimbing II Dr. Sukirman Rahim, S.Pd, M.Si.
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah Apakah Metode Demonstrasi Dapat
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kegunaan Matahari Sebagai Sumber Kehidupan
Kelas II SDN 20 Limboto Kabupaten Gorontalo?. Dengan tujuan penelitian untuk meningkatkan
hasil belajar siswa melalui metode demonstrasi pada materi kegunaan matahari sebagai sumber
kehidupan di kelas II SDN 20 Limboto. Adapun Jenis penelitian yang di gunakan dalam penelitian
ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian 19 siswa kelas II SDN 20 Limboto.
Hipotesis dalam penelitian ini adalah "Jika digunakan metode demonstrasi pada materi kegunaan
matahari sebagai sumber kehidupan di kelas II SDN 20 Limboto Kabupaten Gorontalo maka hasil
belajar siswa akan meningkat".
Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I. Siswa yang hasil belajarnya telah mencapai
ketuntasan kriteria minimum pada mata pelajaran IPA yang telah ditetapkan sekolah yakni 75
sebanyak 19 siswa dengan presentase 79%. Sedangkan pada siklus II, Siswa yang hasil belajarnya
telah mencapai ketuntasan sebanyak 19 siswa dengan presentase 100%. Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi
kegunaan matahari sebagai sumber kehidupan di kelas II SDN 20 Limboto Kabupaten Gorontalo.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Metode Demonstrasi
Download berkas