Penulis / NIM
ELFIN ISHAK BAGOU / 151413269
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Pembimbing 2 / NIDN
DR. MUCHTAR AHMAD, S.Pd, M.Si / 0004057805
Abstrak
ABSTRAK
Elfin Ishak Bagou. 2014. Meningkatan Keterampilan Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Example Non Example Pada Mata Pelajaran IPS Di Kelas II SDN 05 Wonosari. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Hakop Walangadi, M.Si dan Pembimbing II Muchtar Ahmad, S.Pd. M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan keterampilan belajar siswa melalui model pembelajaran example non example pada mata pelajaran IPS Di Kelas II SDN 05 Wonosari. Metode yang dipakai dalam penelitian tindakan kelas. penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk siklus yang terdiri dari 4 tahap yaitu, Tahap Persiapan, Tahap Pelaksanaan tindakan, Tahap Pemantauan dan evaluasi, Tahap Analisis dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan keterampilan belajar siswa siklus I dan II bahwa penggunaan model pembelajaran example non example dapat meningkatkan keterampilan pada mata pelajaran IPS Kelas II SDN 05 Wonosari Kabupaten Boalemo. Hal ini terlihat pada siklus I, bahwa jumlah siswa yang telah memiliki keterampilan siswa hanya mencapai 66.67%. Setelah diadakan refleksi dan perbaikan pembelajaran pada siklus II, jumlah siswa yang memiliki kemampuan menulis isi karangan meningkat menjadi 79.17%. Dengan pengertian siklus I ke siklus II mencapai peningkatan 12.5%. Dengan demikian hipotesis penelitian tindakan kelas ini terbukti dan dapat diterima.
Berdasarkan kedua siklus yang dilaksanakan dalam penelitian tindakan kelas, ternyata penggunaan model pembelajaran example non example dapat meningkatkan keterampilan belajar siswa pada mata pelajaran IPS.
Kata Kunci : Keterampilan Siswa, Model Example Non Example
Download berkas