Penulis / NIM
NURAIDA / 151413271
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. YUSUF JAFAR, M,Pd / 0027095706
Abstrak
ABSTRAK
Nuraida. 2014, Meningkatkan Kemampuan Siswa Membaca Nyaring Melalui Model Pembelajaran Numbered Head Together di Kelas III SDN 08 Popayato Kecamatan Popayato Kabupaten Pohuwato. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Salma Halidu, S.Pd, M.Pd dan pembimbing II Dr. Yusuf
Jafar, M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini adalah "Apakah melalui model pembelajaran Numbered Head Together dapat meningkatkan kemampuan siswa membaca nyaring di Kelas III SDN 08 Popayato Kecamatan Popayato Kabupaten Pohuwato?" Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa
membaca nyaring melalui model pembelajaran Numbered Head Together di Kelas III SDN 08 Popayato Kecamatan Popayato Kabupaten Pohuwato. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Tehnik Pengumpulan data dalam penelitian ini
berupa observasi aktivitas guru dan siswa, wawancara, tes, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian tindakan kelas pada aobservasi awal diperoleh data dari jumlah siswa 22 orang yang dikenai tindakan hanya 8 siswa (36.36%). Pada
pelaksanaan tindakan kelas siklus I siswa yang mampu berjumlah 14 orang
(63.64%), sedangkan yang tidak mampu berjumlah 8 orang (36.36%). Setelah
dilaksanakan tindakan kelas siklus II jumlah siswa yang mampu meningkat
berjumlah 20 orang (90.91%) sedangkan yang tidak mampu berjumlah 2 orang
(9.09%). Kesimpulan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran
Numbered Head Together tentang membaca nyaring di Kelas III SDN 08
Popayato Kecamatan Popayato Kabupaten Pohuwato meningkat.
Kata Kunci: Membaca Nyaring, Numbered Head Together.
Download berkas