Penulis / NIM
YANTO ABAS / 151413272
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Pembimbing 2 / NIDN
DR. MUCHTAR AHMAD, S.Pd, M.Si / 0004057805
Abstrak
ABSTRAK
YANTO ABAS, 2015. "Penerapan Teknik Umpan Balik Pada Pembelajaran Ips Dalam Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Di Kelas V SDN 09 Mananggu Kabupaten Boalemo." Suatu penelitian Tindakan Kelas, Skripsi, Gorontalo, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. H. Haris Mahmud, M.Si dan Pembimbing II Mukhtar Ahmad, M.Si
Permasalahan dalam penelitian ini adalah "Apakah Penerapan Teknik Umpan Balik Pada Pembelajaran IPS dapat Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Di Kelas V SDN 09 Mananggu Kabupaten Boalemo. Adapun tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kreativitas belajar siswa melalui penerapan teknik umpan balik pada pembelajaran IPS di Kelas V SDN 09 Mananggu Kabupaten Boalemo. Sementara teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis kuantitatif.
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas, dimana tindakan penelitian dihentikan jika telah tercapai kriteria ketuntasan kreatifitas belajar siswa 84% dari jumlah keseluruhan subyek penelitian. Subyek dalam penelitian ini berjumlah 13 siswa kelas V SDN 09 Managgu.
Hasil penelitian menunjukan bahwa perolehan data pada siklus 1 tentang kreatifitas belajar siswa masih dibawah indikator keberhasilan yang telah ditetapkan yaitu 84%. Pada siklus I kreatifitas belajar siswa berada pada prosentase 54-62%. Sementara pada siklus II kreatifitas belajar siswa mengalami peningkatan yaitu berkisar antara 85 - 100%.
Adapun kesimpulan dari hasil penelitian ini bahwa penggunaan teknik umpan balik telah meningkatkan kreatifitas belajar siswa kelas V SDN 09 Mananggu.
Kata Kunci: Kreatifitas belajar siswa, teknik umpan balik
Download berkas