Penulis / NIM
ELYS USMAN / 151413273
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
DR ASNI ILHAM, S.Pd, M.Si / 0007045908
Pembimbing 2 / NIDN
ISMAIL PIOKE, S.Pd, M.Pd / 0024105703
Abstrak
ABSTRAK
Elys Usman, 2014." Meningkatkan Kemampuan Mengidentifikasi Bangun Datar Simetris Melalui Metode Discovery Learning di Kelas IV SDN 14 Paguyaman Kabupaten Boalemo". Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1. Dr.Hj.Asni Ilham, S.Pd, M.Si Pembimbing II, Ismail Pioke, S.Pd, M.Pd.
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah "apakah kemampuan mengidentifikasi bangun datar simetris pada siswa kelas IV SDN 14 Paguyaman Kabupaten Boalemo melalui metode discovery learning dapat meningkat? Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kemampuan mengidentifikasi bangun datar simetris melalui metode Discovery Learning di kelas IV SDN 14 Paguyaman Kabupaten Boalemo. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus melalui 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pemantauan dan evaluasi, dan tahap analisis dan refleksi dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan tes.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I terdapat 17 Orang siswa atau 70,8% dari 24 siswa yang mampu mengidentifikasi bangun datar simetris atau mendapat nilai 65 ke atas. Karena hasil pada siklus I yang belum mencapai indikator maka dilanjutkan pada siklus berikutnya. Pada siklus II hasil penelitian menunjukkan bahwa 21 siswa atau 87,5 % dari 24 siswa sudah mampu mengidentifikasi bangun datar simetris atau mendapat nilai 65 ke atas.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa melalui metode discovery learning, kemampuan mengidentifikasi bangun datar simetris di kelas IV SDN 14 Paguyaman Kabupaten Boalemo meningkat.
Kata Kunci :Kemampuan, Mengidentifikasi, bangun datar simetris, discovery learning
Download berkas