SKRIPSI

Penulis / NIM
HASTUTI DATAU / 151413274
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. MARTIANTY NALOLE, M.Pd. / 0005035908
Pembimbing 2 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Abstrak
ABSTRAK Hastuti Datau.2014. Meningkatkan Kemampuan Menghitung Keliling Bangun Datar Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe think pair share (TPS) Pada siswa Kelas III SDN 14 Paguyaman Kabupaten Boalemo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra.Martianty Nalole,M.Pd Dan Pembimbing II Dra.Samsiar RivaI,S.Pd,M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah kemampuan menghitung keliling bangun datar dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) pada Siswa Kelas III SDN 14 Paguyaman Kabupaten Boalemo. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menghitung keliling bangun datar melalui model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) pada siswa kelas III SDN 14 Paguyaman Kabupaten Boalemo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). Latar penelitian ini berlokasi di SDN 14 Paguyaman Kabupaten Boalemo dan subjeknya siswa kelas III yang Berjumlah 25 siswa dengan Komposisi 13 laki-laki dan 12 perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dokumentasi dan analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan 4 tahap yaitu persiapan, pelaksanaan, pemantauan, evaluasi analisis dan refleksi. Hasil penelitian pada siklus I menunjukan bahwa dari 25 siswa yang dikenai tindakan 16 siswa mampu menghitung keliling bangun datar atau 64% siswa memperoleh nilai 70 ke atas, dan 9 siswa belum mampu menghitung keliling bangun datar atau 36% siswa memperoleh nilai di bawah 70, sehingga belum mencapai indikator dan dilanjutkan kesiklus II. Pada siklus II meningkat menjadi 23 siswa mampu menghitung keliling bangun datar atau 91% siswa yang memperoleh nilai 70 ke atas, dan 2 siswa belum mampu menghitung keliling bangun datar atau 8% memperoleh nilai di bawah 70. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS), kemampuan menghitung keliling bangun datar pada siswa kelas III SDN 14 Paguyaman kabupaten Boalemo meningkat. Kata Kunci : kemampuan, menghitung, keliling, bangun datar, dan think pair share (TPS)
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011