Penulis / NIM
NESPI PAKAYA / 151413277
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. LUKMAN A R LALIYO, M.Pd., MM / 0024116903
Pembimbing 2 / NIDN
MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Abstrak
ABSTRAK
Nespi Pakaya. 2014. Meningkatkan Kemampuan Siswa Membaca Intensif melalui
Metode Suku Kata di Kelas III SD Inpres Karya Indah Kecamatan Buntulia
Kabupaten Pohuwato. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas
Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo Pembimbing I Dra. Hj. Evi
Hasyim, M.Pd dan Pembimbing II Wiwy T. Pulukadang, S.Pd, M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini apakah melalui Metode Suku Kata
kemampuan membaca siswa Kelas III SD Inpres Karya Indah dapat ditingkatkan?
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa membaca Intensif
melalui metode Suku kata di kelas III SD Inpres Karya Indah Kecamatan Buntulia
Kabupaten Pohuwato
Hasil observasi awal kemampuan siswa menunjukkan bahwa dari 16 siswa yang
mengikuti proses pembelajaran hanya 6 siswa atau 37.5% yang mampu membaca
dengan baik. Pada siklus 1 Kemampuan membaca terdapat 9 orang (56.25%).
Sedangkan Pada siklus 2 Kemampuan membaca terdapat 12 orang (75%)
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan Metode Suku
kata maka kemampuan siswa membaca intensif di Kelas III SD Inpres Karya
Indah kecamatan Buntulia Kabupaten Pohuwato, dapat ditingkatkan", dengan
demikian hipotesis penelitian tindakan ini dapat diterima.
Kata Kunci: Kemampuan Membaca Lancar, Metode Suku Kata
Download berkas