Penulis / NIM
NURDIN MOHI / 151413281
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. LUKMAN A R LALIYO, M.Pd., MM / 0024116903
Pembimbing 2 / NIDN
MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Abstrak
ABSTRAK
Nurdin Mohi. 2014. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Gaya Magnet Melalui
Metode Inquiry Terbimbing dikelas V SDN 11 Randangan Kabupaten Pohuwato. Skripsisi,
Program Studi S-1 PGSD, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu
Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I
Dr. Lukman AR Laliyo, M.Pd dan Pembimbing II Meylan Saleh, S.Pd, M.Pd.
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah apakah metode inquiry terbimbing
dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi gaya magnet di kelas 5 SDN 11
Randangan Kabupaten Pohuwato. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode
penelitian tindakan kelas(PTK).Latar penelitian berlokasi di SDN 11 Randangan Kabupaten
Pohuwato dan subjeknya siswa kelas V yang berjumlah 20 siswa, dengan 5 laki- laki dan 15
perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara, tes, dan
dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis presentase.
Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan empat tahapan yaitu: tahap persiapan, tahap
pelaksanaan tindakan, tahap pemantauan dan evaluasi, tahap analisis dan refleksi. Hasil
penelitian pada siklus I menunjukan bahwa dari 20 siswa yang dikenai tindakan 12 siswa atau
60% memperoleh nilai dibawah dari 80 sehingga belum mencapai indikator dan dilanjutkan
pada siklus II. Pada siklus II 18 siswa atau 90% yang memperoleh nilai 80 keatas, sehingga
indikator telah tercapai dan tindakan pembelajaran diangap tuntas.
Dengan demikian disimpulkan bahwa melalui metode inquiry terbimbing hasil belajar siswa
dapat meningkat.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Gaya Magnet, Metode Inquiry Terbimbing.
Download berkas