SKRIPSI

Penulis / NIM
MARYAM DAUD / 151413282
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. MARTIANTY NALOLE, M.Pd. / 0005035908
Pembimbing 2 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Abstrak
ABSTRAK Maryam Daud, NIM. 151413282. Meningkatkan Kemampuan Mengubah Bilangan Asli Ke Bilngan Romawi Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match pada Siswa Kelas IV SDN 4 Suwawa Selatan Kabupaten Bone Bolango. Skripsi, 2014. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra.Martianty Nalole, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Samsiar RivaI, S.Pd, M.Pd. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini "Apakah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match kemampuan mengubah bilangan asli ke bilangan romawi dapat meningkat?". Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengubah bilangan asli ke bilangan romawi melalui model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada siswa kelas IV SDN 4 Suwawa Selatan Kabupaten Bone Bolango. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV dengan jumlah siswa sebanyak 15 orang yang terdiri dari 10 orang siswa laki-laki 5 orang siswa perempuan. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus melalui 4 tahap yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan, tahap pemantauan dan evaluasi, dan tahap analisis dan refleksi. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian tindakan kelas menunjukkan untuk siklus I yaitu terdapat 6 siswa atau 40 % memperoleh nilai 65 keatas yang mampu mengubah bilangan asli ke bilangan romawi dan 9 siswa atau 60 % memperoleh nilai 65 kebawah belum mampu mengubah bilangan asli ke bilangan romawi. Namun pada siklus II meningkat menjadi 13 siswa atau 86,66 % memperoleh nilai 65 keatas yang mampu mengubah bilangan asli ke bilangan romawi dan hanya 2 siswa atau 13,33% memperoleh nilai 65 kebawah yang belum mampu mengubah bilangan asli ke bilangan romawi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran kooperatif tipe make a match kemampuan mengubah bilangan asli ke bilangan romawi pada siswa kelas IV SDN 4 suwawa Selatan Kabupaten Bone Bolango meningkat. Kata Kunci: Kemampuan, Bilangan asli, bilangan romawi, model kooperatif make a match
Download FILE

ARSIP

2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011