Penulis / NIM
MARYAM DAUD / 151413282
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. MARTIANTY NALOLE, M.Pd. / 0005035908
Pembimbing 2 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Abstrak
ABSTRAK
Maryam Daud, NIM. 151413282. Meningkatkan Kemampuan Mengubah Bilangan
Asli Ke Bilngan Romawi Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A
Match pada Siswa Kelas IV SDN 4 Suwawa Selatan Kabupaten Bone Bolango.
Skripsi, 2014. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan,
Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra.Martianty Nalole, M.Pd dan
Pembimbing II Dra. Samsiar RivaI, S.Pd, M.Pd.
Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini "Apakah dengan menggunakan
model pembelajaran kooperatif tipe make a match kemampuan mengubah bilangan
asli ke bilangan romawi dapat meningkat?". Penelitian ini bertujuan untuk
meningkatkan kemampuan mengubah bilangan asli ke bilangan romawi melalui
model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada siswa kelas IV SDN 4
Suwawa Selatan Kabupaten Bone Bolango. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV
dengan jumlah siswa sebanyak 15 orang yang terdiri dari 10 orang siswa laki-laki 5
orang siswa perempuan. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas
(PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus melalui 4 tahap yaitu tahap
persiapan, tahap pelaksanaan, tahap pemantauan dan evaluasi, dan tahap analisis dan
refleksi. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan
dokumentasi.
Hasil penelitian tindakan kelas menunjukkan untuk siklus I yaitu terdapat 6 siswa
atau 40 % memperoleh nilai 65 keatas yang mampu mengubah bilangan asli ke
bilangan romawi dan 9 siswa atau 60 % memperoleh nilai 65 kebawah belum mampu
mengubah bilangan asli ke bilangan romawi. Namun pada siklus II meningkat
menjadi 13 siswa atau 86,66 % memperoleh nilai 65 keatas yang mampu mengubah
bilangan asli ke bilangan romawi dan hanya 2 siswa atau 13,33% memperoleh nilai
65 kebawah yang belum mampu mengubah bilangan asli ke bilangan romawi.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa melalui model
pembelajaran kooperatif tipe make a match kemampuan mengubah bilangan asli ke
bilangan romawi pada siswa kelas IV SDN 4 suwawa Selatan Kabupaten Bone
Bolango meningkat.
Kata Kunci: Kemampuan, Bilangan asli, bilangan romawi, model kooperatif make a
match
Download berkas