Penulis / NIM
DELIYANA HUMOLA / 151413286
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Pembimbing 2 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Abstrak
ABSTRAK
DeliyanaHumola. 2014. Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Melalui Model "Picture and picture" Di Kelas II SDN No.63 Kota Timur Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas IlmuPendidikan, Universitas Negeri Gorontalo.Pembimbing I Dra. Ha. Salma Halidu, S.Pd, M.Pd. Pembimbing 2 Dra. Ratnarti Pahrun, M.Pd
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan model "Picture and picture"dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa di kelas II SDN No.63 Kota Timur Kota Gorontalo. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa melalui model "Picture and picture"di kelas II SDN No.63 Kota Timur Kota Gorontalo.Metodepenelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus di kelas II SDN No.63 Kota Timur Kota Gorontalo.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh peneliti, Pada observasi awal dari jumlah 20 orang siswa kelas II SDN No.63 Kota Timur Kota Gorontalo, hanya 8 orang siswa yang terampil membaca atau sebesar 40%, setelah diadakan tindakan siklus I meningkat menjadi 13 orang atau sebesar 65%, dan yang tidak terampil sejumlah 7 orang atau sebesar 35%. Selanjutnya pada tindakan siklus II keterampilan membaca siswa meningkat menjadi 19 orang atau sebesar 95%, dan yang tidak terampil tinggal 1 orang siswa atau sebesar 5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan metode"picture and picture"dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas II SDN No.63 Kota Timur Kota Gorontalo. Terbukti".
Kata Kunci: Keterampilan Membaca, "Picture and picture".
Download berkas