Penulis / NIM
RIYENTI N. LAMANI / 151413288
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Pembimbing 2 / NIDN
WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd / 0006038004
Abstrak
ABSTRAK
RIYENTI N. LAMANI. 2014. Meningkatkan Kemampuan Siswa Menceritakan
Isi Dongeng Melalui Kegiatan Menyimak Kelas II SDN 1 Ponelo Kecamatan
Kepulauan Kabupaten Gorontalo Utara. Program Strata I (Satu) Jurusan
Pendidikan Guru Sekolah Dasar.Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri
Gorontalo. Pembimbing I Dra, Hj Evi Hasyim,M.Pd dan Pembimbing II Wiwy T
Pulukadang ,S.Pd,M.Pd
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana Meningkatkan Kemampuan
Siswa Menceritakan Isi Dongeng Melalui Kegiatan Menyimak Kelas II SDN I
Ponelo Kecamatan Kepulauan Kabupaten Gorontalo Utara? Tujuan Dari
Penelitian Ini adalah untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Menceritakan Isi
Dongeng Melalui Kegiatan Menyimak Kelas II SDN I Ponelo Kecamatan
Kepulauan Kabupaten Gorontalu Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian
tindakan kelas(PTK), yang terdiri dari 2 siklus. Metode yang digunakan dalam
penelitian tindakan kelas ini adalah metode inquiri. Penelitian tindakan yang telah
dilakukan meliputi : 1)Perencanaan, 2). Tindakan, 3) Observasi dan 4) Refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses belajar mengajar yang telah
dilaksanakan berpengaruh pada hasil belajar siswa dan kemampuan siswa
menceritakan isi dongeng melalui kegiatan menyimak. Keberhasilan siklus I dan
II yaitu siklus I adalah 73% atau 22 siswa dari 33 siswa, dan siklus II 91 % atau
30 siswa dari 33 jumlah siswa sebelumya, dengan selisih 18 persen. Maka
pembelajaran isi dongeng melalui kegiatan menyimak meningkat menjadi
4,78%,
Kesimpulannya bahwa dengan Menggunakan Kegiatan Menyimak Dapat
Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Menceritakan Isi Dongeng Di Kelas II
SDN I Ponelo Kecamatan Kepulauan Kabupaten Gorontalu Utara.
Kata kunci: Kemampuan siswa , menyimak , isi dongeng
Download berkas