Penulis / NIM
ESTEFINA POLUAN / 151413294
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. LUKMAN A R LALIYO, M.Pd., MM / 0024116903
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. SUKIRMAN RAHIM, S.Pd, M.Si / 0029077604
Abstrak
ABSTRAK
Estefina Poluan, 2014. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Materi
Kenampakan Permukaan Bumi Melalui Pendekatan Kontekstual Di Kelas III
SDN 1 Bigo Kecamatan Kaidipang Kabupaten Bolaang Mongondow Utara.
Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan,
Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Lukman A.R. Laliyo, S.Pd,
M.Pd, Pembimbing II Dr. Sukirman Rahim, M.Si.
Tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui pendekatan kontekstual dalam
meningkatkan hasil belajar siswa tentang materi kenampakan permukaan bumi
melalui pendekatan kontekstual di Kelas III SDN 1 Bigo Kecamatan Kaidipang
Kabupaten Bolaang Mongondow Utara?. Metode penelitian yang digunakan
adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dua siklus. Tehnik
pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan tehnik observasi dan
tehni kdokumentasi. Dari hasil analisis baik nilai rata-rata maupun aktivitas siswa
pada setiap siklus menunjukkan adanya peningkatan. Data analisis hasil belajar
siswa pada evaluasi siklus I menunjukkan bahwa nilai rata-rata yang dicapai
adalah 72. Dari 30 siswa yang terdapat Di Kelas III SDN 1 Bigo Kecamatan
Kaidipang Kabupaten Bolaang Mongondow Utara yang telah mencapai
ketuntasan dalam belajar sebanyak 18 siswa atau 60%, sedangkan siswa yang
belum tuntas sebanyak 12 siswa atau 40%. Hasil analisis belajar siswa pada
evaluasi akhir siklus II menunjukkan bahwa nilai rata-rata yang dicapai oleh 30
siswa kelas III adalah 82.83. Siswa yang telah mencapai ketuntasan sebanyak 26
siswa atau 86.67% sedangkan siswa yang belum tuntas dalam belajar sebanyak 4
siswa atau 13.33%.
Disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan pendekatan kontekstual
dapat meningkatkan hasil belajar siswa Di Kelas III SDN 1 Bigo Kecamatan
Kaidipang Kabupaten Bolaang Mongondow Utara.
Kata Kunci: Kenampakan, Pendekatan Kontekstual.
Download berkas