Penulis / NIM
NORMA GOLOBA / 151413297
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Pembimbing 2 / NIDN
SUMARNI MOHAMAD, S.Pd, M.Pd / 0024025602
Abstrak
Norma Goloba, NIM. 151413297. Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Bercerita Melalui Model Pembelajaran Example Non Example di Kelas 4 SD Negeri 1 Binjeita 1 Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Dra. Hj. Salma Halidu, S.Pd., M.Pd., dan Pembimbing II, Hj. Sumarni Mohamad, S.Pd., M.Pd.
Rumusan masalah " Apakah dengan menerapkan model pembelajaran example non example dapat meningkatkan kemampuan bercerita siswa kelas 4 di SD Negeri 1 Binjeita 1 ?' , dengan tujuan penelitian untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam bercerita di kelas 4 SD Negeri 1 Binjeita 1. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan teknik analisis Observasi, tes, dokumentasi, yang dilaksanakan dalam dua siklus pada siswa kelas 4 yang berjumlah 14 orang siswa
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada observasi awal, dari 14 orang siswa hanya 4 orang siswa atau sekitar 28,57% siswa yang mampu bercerita dengan baik dan benar. Pada siklus I siswa mengalami peningkatan kemampuan bercerita hingga mencapai 50% atau 7 dari 14 orang siswa, pada pemberian tindakan siklus II terjadi lagi peningkatan kemampuan bercerita siswa yaitu menjadi 85,7% atau 12 dari 14 orang siswa. Dengan demikian kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran example non example dapat meningkatkan kemampuan bercerita pada siswa kelas 4 di SD Negeri 1 Binjeita 1 Kabupaten Bolaang Mongondow Utara.
Kata Kunci : Kemampuan Bercerita, Example Non Example
Download berkas