Penulis / NIM
NANRIA RATUSMANGA / 151413298
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Pembimbing 2 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Abstrak
ABSTRAK
Nanria Ratusmanga. 2014 Meningkatkan Keterampilan Menyimak Cerita
Melalui Model Pembelajaran Cooperative Learning Dikelas VI SDN 1 Bohabak 2.
Skripsi, S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan,
Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I : Dra. Hj. Salma Halidu, S.Pd, M.Pd,
Pembimbing II : Dra. Ratnarti Pahrun, M.Pd.
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah "Apakah melalui model
pembelajaran cooperative learning dapat meningkaatkan keterampilan siswa kelas
VI SDN 1 Bohabak 2 dalam menyimak cerita?". Sedangkan tujuan penelitian ini
adalah untuk meningkatkan keterampilan menyimak cerita melalui model
pembelajaran cooperatif learning pada siswa kelas VI SDN 1 Bohabak 2 dalam
menyimak cerita. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
penelitian tindakan kelas. Dengan teknik pengumpulan data observasi, tes dan
dokumentasi. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari
tahap awal, tahap pelaksanaan tindakan, pemantauan dan evaluasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa dari kegiatan observasi awal hanya sebanyak
4 siswa (14 %) dari 27 siswa kelas VI SDN 1 Bohabak 2 yang mampu dalam
menyimak cerita. Pada pelaksanaan kegiatan siklus I hal tersebut meningkatan
menjadi 15 siswa (55 %). Pada siklus II hal tersebut mengalami peningkatan yang
signifikan yakni menjadi 24 siswa yang mampu atau 88 %. Realitas ini
menunjukan bahwa sebagian besar siswa di kelas VI SDN 1 Bohabak 2 telah
memiliki keterampilan menyimak cerita yang baik. Berdasarkan hasil penelitian
tersebut dapat disimpulkan bahwa keterampilan siswa kelas VI SDN 1 Bohabak 2
dalam menyimak cerita dapat ditingkatkan dengan menggunakan model
pembelajaran cooperatif learning
Kata Kunci : Menyimak Cerita, Model Pembelajaran Cooperatif Learning
Download berkas