Penulis / NIM
JUNAIDI HARIJI / 151413299
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Pembimbing 2 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Abstrak
Junaidi Hariji, NIM. 151 413 299. Tahun 2014 Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Bercerita Melalui Model Pembelajaran Picture And Picture Di Kelas III SDN 2 Biontong Kecamatan Bolangitang Timur. Skripsi, S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I : Dra. Hj. Salma Halidu, S.Pd, M.Pd, Pembimbing II : Dra. Ratnarti Pahrun, M.Pd.
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah Apakah penggunaan model pembelajaran Picture and Picture dapat meningkatkan kemampuan bercerita siswa kelas III SDN 2 Biontong Kecamatan Bolangitang Timur. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk menigkatkan kemapuan siswa dalam bercerita melalui model pembelajaran Picture and Picture bagi siswa kelas III SDN 2 Biontong. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tehknik pengumpulan data, observasi, tes dan dokumentasi pada siswa kelas III yang berjumlah 20 siswa.
Hasil kegiatan observasi awal yang tuntas dalam bercerita 5 siswa dengan rata-rata 22,25 dari 20 siswa kelas III SDN 2 Biontong. Pada pelaksanaan kegiatan siklus I hal tersebut mengalami peningkatan menjadi 14 siswa dengan rata-rata 59,55 dan Pada siklus II hal tersebut mengalami peningkatan yang sangat signifikan menjadi 18 siswa dengan rata-rata 81,2 dari 20 siswa yang ada di kelas III SDN 2 Biontong. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa keterampilan bercerita siswa kelas III SDN 2 Biontong dapat ditingkatkan dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture.
Kata Kunci : Bercerita, Model Picture and Picture
Download berkas