Penulis / NIM
WAKSON MAMONTO / 151413302
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
DR ASNI ILHAM, S.Pd, M.Si / 0007045908
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. SUKIRMAN RAHIM, S.Pd, M.Si / 0029077604
Abstrak
ABSTRAK
Wakson Mamonto. 2014. Meningkatkan Pemahaman Siswa Tentang Materi
Perubahan Lingkungan Fisik dan Pengaruhnya Terhadap Daratan Melalui Metode
Exsperimen Di Kelas IV SDN 1 Bohabak 1 Kecamatan Bolangitang Timur
Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah
Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1
Dr. Hj. Asni Ilham, S.Pd, M.Si dan Pembimbing 2 Dr. Sukirman Rahim, S.Pd,
M.Si.
Permasalahan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah apakah metode
Exsperimen dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang materi perubahan
lingkungan fisik dan pengaruhnya terhadap daratan di kelas IV SDN 1 Bohabak 1
Kecamatan Bolangitang Timur Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Tujuan
dari penelitian ini untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang materi
perubahan lingkungan fisik dan pengaruhnya terhadap daratan melalui metode
Exsperimen dikelas IV SDN 1 Bohabak 1 Kecamatan Bolangitang Timur
Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Jenis penelitian yang digunakan adalah
penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dikelas IV SDN 1 Bohabak 1
Kecamatan Bolangitang Timur Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Sumber
data penelitian ini adalah seluruh siswa dikelas IV SDN 1 Bohabak 1 Kecamatan
Bolangitang Timur Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Data yang
dikumpulkan dari penelitian ini berupa data observasi, proses pembelajaran
berlangsung, hasil observasi aktivitas guru dan siswa serta hasil tes dan data
dokumentasi.
Dari penelitian disimpulkan bahwa penggunaan metode Exsperimen dapat
meningkatkan pemahaman siswa tentang materi perubahan lingkungan fisik dan
pengaruhnya terhadap daratan dikelas IV SDN 1 Bohabak 1 Kecamatan
Bolangitang Timur Kabupaten Bolaang Mongondow Utara.
Kata Kunci : Pemahaman Siswa, Perubahan Daratan, Metode Exsperimen.
Download berkas