Penulis / NIM
YOLIN AFRIYANI / 151413303
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Pembimbing 2 / NIDN
DR. MUCHTAR AHMAD, S.Pd, M.Si / 0004057805
Abstrak
ABSTRAK
Yolin Afriyani, 2014. Penggunaan Model Pembelajaran Group Investigation
dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar IPS Pada Siswa Kelas V SDN 1
Wakat Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Skripsi, Jurusan Pendidikan
Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo,
Pembimbing I : Dra. Elmia Umar, M.Pd dan Muchtar Ahmad, S.Pd, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan model
pembelajaran Group Investigation dapat meningkatkan aktivitas belajar IPS pada
siswa kelas V SDN 1 Wakat Kabupaten Bolaang Mongondow Utara ? Penelitian
ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar IPS dengan menggunakan
model pembelajaran Group Investigation.Penelitian ini adalah penelitian tindakan
kelas. Adapun hipotesis tindakan pada penelitian ini adalah jika guru
menggunakan model pembelajaran Group Investigation , maka akan
meningkatkan aktivitas belajar IPS materi menghargai jasa tokoh yang berperan
dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia pada siswa kelas V SDN 1 Wakat
Kabupaten Bolaang Mongondow Utara.
Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran
group investigation dapat meningkatkan aktivitas belajar IPS siswa dengan
capaian pada siklus I sebesar 55 % dan siklus 2 terjadi peningkatan yang cukup
signifikan yaitu sebesar 85 %, atau mengalami peningkatan sebesar 30 %.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Group Investigation dan Aktivitas Belajar IPS
Download berkas