SKRIPSI

Penulis / NIM
AFRILIA POLINTE / 151413304
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SARSON W DJ POMALATO, M.Pd / 0008086010
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. LUKMAN A R LALIYO, M.Pd., MM / 0024116903
Abstrak
ABSTRAK Afrilia Polinte, 2014. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perubahan Kenampakan Bumi Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Example Non Example Dikelas IV SDN 1 Jambusarang Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. H. Sarson W,Dj Pomalato, M.Pd Pembimbing II Dr. Lukman A.R. Laliyo, S.Pd, M.Pd, MM. Masalah dalam penelitian ini adalah "Apakah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Example Non Example dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perubahan kenampakan bumi? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perubahan kenampakan bumi melalui model pembelajaran kooperatif Example Non Example Dikelas IV SDN 1 Jambusarang Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan Dikelas IV SDN 1 Jambusarang Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Karakteristik subyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 18 orang terdiri dari 18 orang laki-laki dan 14 orang perempuan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dilaksanakan satu kali pertemuan dan siklus II dilaksanakan satu kali pertemuan yang setiap siklus. Dari hasil refleksi pada setiap siklus baik nilai rata-rata maupun aktivitas siswa pada setiap siklus menunjukkan adanya peningkatan. Data hasil belajar siswa pada siklus I menunjukkan nilai yang dicapai Dari 32 siswa yang telah mencapai ketuntasan dalam belajar sebanyak 22 siswa atau 68.75%, sedangkan siswa yang belum tuntas sebanyak 10 siswa atau 31.25%. Hasil belajar siswa pada siklus II menunjukkan bahwa Siswa yang telah mencapai ketuntasan sebanyak 28 siswa atau 87.5%, sedangkan yang belum tuntas dalam belajar sebanyak 4 siswa atau 12.5%. Kata Kunci: Hasil Belajar, Perubahan Kenampakan Bumi, Pembelajaran Kooperatif Example Non Example.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011