Penulis / NIM
AFRILIA POLINTE / 151413304
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SARSON W DJ POMALATO, M.Pd / 0008086010
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. LUKMAN A R LALIYO, M.Pd., MM / 0024116903
Abstrak
ABSTRAK
Afrilia Polinte, 2014. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perubahan
Kenampakan Bumi Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Example Non
Example Dikelas IV SDN 1 Jambusarang Kabupaten Bolaang Mongondow Utara.
Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan,
Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. H. Sarson W,Dj
Pomalato, M.Pd Pembimbing II Dr. Lukman A.R. Laliyo, S.Pd, M.Pd, MM.
Masalah dalam penelitian ini adalah "Apakah dengan menggunakan model
pembelajaran kooperatif Example Non Example dapat meningkatkan hasil belajar
siswa pada materi perubahan kenampakan bumi? Tujuan penelitian ini adalah
untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perubahan kenampakan bumi
melalui model pembelajaran kooperatif Example Non Example Dikelas IV SDN 1
Jambusarang Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Metode penelitian yang
digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan Dikelas IV
SDN 1 Jambusarang Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Karakteristik subyek
dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 18 orang terdiri
dari 18 orang laki-laki dan 14 orang perempuan.
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I
dilaksanakan satu kali pertemuan dan siklus II dilaksanakan satu kali pertemuan
yang setiap siklus. Dari hasil refleksi pada setiap siklus baik nilai rata-rata
maupun aktivitas siswa pada setiap siklus menunjukkan adanya peningkatan. Data
hasil belajar siswa pada siklus I menunjukkan nilai yang dicapai Dari 32 siswa
yang telah mencapai ketuntasan dalam belajar sebanyak 22 siswa atau 68.75%,
sedangkan siswa yang belum tuntas sebanyak 10 siswa atau 31.25%. Hasil
belajar siswa pada siklus II menunjukkan bahwa Siswa yang telah mencapai
ketuntasan sebanyak 28 siswa atau 87.5%, sedangkan yang belum tuntas dalam
belajar sebanyak 4 siswa atau 12.5%.
Kata Kunci:
Hasil Belajar, Perubahan Kenampakan Bumi, Pembelajaran
Kooperatif Example Non Example.
Download berkas