Penulis / NIM
ARMAN AMP. SLAMET / 151413305
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. MARTIANTY NALOLE, M.Pd. / 0005035908
Pembimbing 2 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Abstrak
ABSTRAK
Arman AMP. Slamet. 2014. Meningkatkan Kemampuan Menentukan Jaring-
Jaring Berbagai Bangun Ruang Melalui Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas V
SDN 23 Wonosari Kabupaten Boalemo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru
Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo.
Pembimbing I Dra. Martianty Nalole, M.Pd, dan Pembimbing II Dra. Samsiar
RivaI, S.Pd, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah kemampuan menentukan jaring-
jaring berbagai bangun ruang pada siswa kelas V SDN 23 Wonosari Kabupaten
Boalemo dapat ditingkatkan melalui metode demonstrasi. Penelitian ini bertujuan
untuk meningkatkan kemampuan menentukan jaring-jaring berbagai bangun
ruang melalui metode demonstrasi pada siswa kelas V SDN 23 Wonosari
Kabupaten Boalemo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Latar penelitian ini berlokasi di SDN 23
Wonosari Kabupaten Boalemo dan subjeknya siswa kelas V yang sebanyak 16
siswa dengan komposisi 10 laki-laki dan 6 perempuan. Penelitian ini dilaksanakan
dalam dua siklus dengan 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pemantauan dan
evaluasi, analisis dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah
analisis deskriptif.
Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa dari 16 siswa yang dikenai
tindakan, 10 siswa mampu menentukan jaring-jaring berbagai bangun ruang atau
62% siswa memperoleh nilai minimal 70 ke atas, sehingga belum mencapai
indikator kenerja yang diharapkan yaitu minimal 80% siswa memperoleh nilai 70
ke atas. Pada siklus II diperoleh 13 siswa mampu menentukan jaring-jaring
berbagai bangun ruang atau 81% siswa yang memperoleh nilai 70 ke atas, dan
indikator telah tercapai. Dengan demikian disimpulkan bahwa melalui metode
demonstrasi, kemampuan menentukan jaring-jaring berbagai bangun ruang pada
siswa kelas V SDN 23 Wonosari Kabupaten Boalemo meningkat.
Kata kunci : Kemampuan, jaring-jaring, bangun ruang, demonstrasi.
Download berkas