Penulis / NIM
DEISY POTABUGA / 151413306
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. SUKIRMAN RAHIM, S.Pd, M.Si / 0029077604
Abstrak
Abstrak
Inovasi guru dalam proses pembelajaran sangatlah penting untuk mengatasi kesulitan belajar
IPA materi energi cahay. Masalah yang dapat dirumuskan dalam penelitian ini taitu tentang
Apakah hasil belajar siswa pada materi energi cahaya di kelas III SDN 2 Inomunga
Kecamatan Kaidipang Kabupaten Bolaang Mongondow Utara dapat ditingkatkan dengan
menggunakan metode demonstrasi? Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian
Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dua siklus. Adapun hipotesis tindakan dalam
penelitian ini adalah: "Jika guru menggunakan metode demonstrasi, maka hasil belajar siswa
pada materi energi cahaya di kelas III SDN 2 Inomunga Kecamatan Kaidipang Kabupaten
Bolaang Mongondow Utara akan meningkat" Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan
dalam dua siklus yaitu siklus I dilaksanakan satu kali pertemuan dan siklus II dilaksanakan
satu kali pertemuan yang setiap siklus. Dari hasil refleksi pada setiap siklus baik nilai rata-
rata maupun aktivitas siswa pada setiap siklus menunjukkan adanya peningkatan. pada siklus
I dengan ketuntasan sebesar 62.5%. Pada siklus II meningkat dengan ketuntasan 87.5%.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Energi Cahaya, Metode Demonstrasi.
Download berkas