Penulis / NIM
PRATIWI WIRYANTHI RAZAK / 151413309
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. LUKMAN A R LALIYO, M.Pd., MM / 0024116903
Pembimbing 2 / NIDN
MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Abstrak
ABSTRAK
Pratiwi Wiryanthi Razak, 2014. " Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Sumber Daya Alam dan Hasilnya Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD di Kelas IV SDN II Dalapuli Kecamatan Pinogaluman". Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Lukman A.R Laliyo,M.Pd dan Pembimbig II Meylan Saleh, S.Pd M.Pd.
Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini adalah Apakah Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Sumber Daya Alam da Hasilnya Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD di Kelas IV SDN II Dalapuli Kecamatan Pinogaluman. Tujuan penelitian ini adalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Sumber Daya Alam dan Hasilnya Melalui model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD di Kelas IV SDN II Dalapuli Kecamatan Pinogaluman. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas ( PTK) yang dilakukan dengan subjek penelitian 24 orang siswa di SDN II Dalapuli Kecamatan Pinogaluman. Tehnik pengumpulan data yakni Observasi,tes,serta dokumentasi. Sesuai dengan hasil penelitian di Kelas IV SDN II Dalapuli, hasil secara keseluruhan diketahui bahwa terdapat 10 orang yang hasil belajarnya meningkat dan 14 orang siswa yang hasil belajarnya masih dibawah. Pada siklus I diketahui bahwa siswa yang memperoleh nilai ≥ 75% hanya berjumlah 11 orang. Dengan demikian masih terdapat 13 orang siswa yang memperoleh nilai 75% kebawah. Berdasarkan data hasil pengamatan pada siklus II, terlihat adanya peningkatan hasil belajar siswa. Jika pada siklus I siswa yang memiliki hasil belajar hanya 11 orang , maka siklus II naik menjadi 18 orang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dalam hal belajar IPA memenuhi kinerja.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran STAD
Download berkas