SKRIPSI

Penulis / NIM
MILYAN H. YUSUF / 151413310
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. MARTIANTY NALOLE, M.Pd. / 0005035908
Abstrak
Milyan H. Yusuf, 2014. Nim 151 413 310 "Meningkatkan Kemampuan Menggunakan Pecahan dalam Masalah Perbandingan Melalui Model Pembelajaran Make A Matchpada Siswa Kelas V SDN No. 49 Hulontalangi Kota Gorontalo". Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I : Dra. Samsiar Rivai, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II : Dra. Martianty Nalole, M.Pd. Masalah dalam penelitian ini adalah apakah kemampuan menggunakan pecahan dalam masalah perbandingan pada siswa kelas V SDN No. 49 Hulontalangi Kota Gorontalo dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran make a match? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menggunakan pecahan dalam masalah perbandingan melalui model pembelajaran make a matchpada siswa kelas V SDN No. 49 Hulontalangi Kota Gorontalo. Subjek penelitian adalah siswa kelas V dengan jumlah siswa sebanyak 32 orang yang terdiri dari 17 orang siswa laki-laki dan 15 orang siswa perempuan. Pemelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Hasil penelitian pada siklus 1 dari 32 siswa yang dikenai tindakan diperoleh 19 siswa mampu menggunakan pecahan dalam masalah perbandingan atau 59% siswa memperoleh nilai KKM 65 ke atas dan 13 siswa tidak mampu menggunakan pecahan dalam masalah perbandingan atau 41% siswa memperoleh nilai KKM di bawah 65. Hasil penelitian pada siklus 2 dari 32 siswa yang dikenai tindakan diperoleh 29 siswa mampu menggunakan pecahan dalam masalah perbandingan atau 91% siswa memperoleh nilai KKM 65 ke atas, dan 3 siswa tidak mampu menggunakan pecahan dalam masalah perbandingan atau 9% siswa memperoleh nilai KKM di bawah 65. Dengan demikian peneliti tidak melanjutkan pada siklus berikut karena telah memenuhi indikator kinerja yang telah ditetapkan. Dari hasil penelitian dan pembahasan, disimpulkan bahwa model pembelajaran make a matchmeningkatkan kemampuan menggunakan pecahan dalam masalah perbandingan pada siswa kelas V SDN No. 49 Hulontalangi Kota Gorontalo. Kata Kunci : Kemampuan, Pecahan, Perbandingan, Make A Match.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011