Penulis / NIM
LUN MOKOAGOW / 151413314
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Pembimbing 2 / NIDN
SAMSI POMALINGO, S.Ag.MA / 0020057605
Abstrak
ABSTRAK
Lun Mokoagow, 151 413 314. Pendekatan Pembelajaran Konstruktivisme
Pada Mata Pelajaran IPS Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di
Kelas V SDN 72 Kecamatan Kota Timur Kota Gorontalo. Skripsi. Jurusan
Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri
Gorontalo. Pembimbing I. Drs. H. Haris Mahmud, M.Si, dan Pembimbing II.
Samsi Pomalingo. S.Ag. M.Ag.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah pendekatan pembelajaran
konstruktivisme pada mata pelajaran IPS tentang Menghargai Jasa dan Peranan
Tokoh dalam Memproklamasikan Kemerdekaan dapat meningkatkan prestasi
belajar siswa kelas V SDN 72 Kecamatan Kota Timur Kota Gorontalo? Tujuan
penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V SDN 72
Kecamatan Kota Timur Kota Gorontalo tentang menghargai jasa dan peranan
tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan dengan menggunakan pendekatan
pembelajaran konstruktivisme.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan
kelas, dengan hasil penelitian tindakan pada siklus I diperoleh dari 26 orang siswa
yang mendapat nilai 7,5 ke atas berjumlah 4 orang (19%), dan siswa yang
mendapat nilai 7,5 ke bawah berjumlah 21 orang siswa (81%) dengan rata- rata
hasil capaian 67,3%. Sedangkan pada siklus II meningkat dimana pada 26 orang
siswa yang mendapat nilai 7,5 ke atas berjumlah 22 orang (84,6 %), sedangkan
yang mendapat nilai 75 ke bawah berjumlah 4 orang (15,3%) dengan rata rata
hasil capaian 89,9%, maka penelitian tindakan kelas ini dinyatakan tuntas.
Dari hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan, maka penulis
menyimpulkan bahwa dengan Menggunakan pendekatan pembelajaran
konstruktivisme dapat meningkatkan Prestasi belajar IPS pada siswa kelas V
SDN 72 Kota Timur tentang menghargai jasa dan peranan tokoh dalam
memproklamasikan kemerdekaan"..
Kata Kunci : Prestasi Belajar, Pendekatan Konstruktivisme
Download berkas