Penulis / NIM
RAFLIADY MOKODOMPIS / 151413315
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Pembimbing 2 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Abstrak
Abstrak
Permasalahan dalam pembelajaran ini adalah apakah hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di Kelas V SDN 1 Boroko Kecamatan Kaidipang dapat ditingkatkan melalui model Cooperative Script. Sedangkan tujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS melalui Model Cooperative Script di Kelas V SDN 1 Boroko Kecamatan Kaidipang Kabupaten Bolaang Mongondow Utara.
Peneliti ini menggunakan metode penelitain PTK, metode ini dimaksudkan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diatas, hasil evalusai belajar siswa pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa dalam materi makna peninggalan-peninggalan sejarah yang berskala nasional dari masa Hindu, Budha dan islam di Indonesia pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) mencapai 68.18 % dari criteria yang telah ditetapkan oleh sekolah.
Berdasarkan hasil analisis baik kegiatan guru maupun kegiatan siswa, maka guru mengadakan perbaikan dan penyempurnaan pada proses selanjutnya, yaitu pada siklus II. Tindakan yang dilakukan adalah masih menggunakan metode Cooperative Script pada materi selanjutnya yaitu tokoh-tokoh Sejara Hindu Buddha dan islam yang dalam proses pembelajarannnya guru memberikan motivasi kepada siswa dan lebih melakukan pendekatan secara individual, memberikan pertanyaan kepada beberapa siswa yang kurang aktif sehingga siswa lebih antusias dalam proses pembelajaran. Setelah dialaksanakan pengujian siklus II hasil belajar siswa mencapai 90.91 % dari criteria yang telah ditetapkan oleh sekolah. Artinya berdasarkan data penilaian menunjukan bahwa metode Cooperative Script yang telah diterapkan guru telah berlangsung sesuai rencana dan memperoleh hasil sesuai dengan criteria yang telah ditetapkan.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Cooperative Script
Download berkas