Penulis / NIM
RONNY AGUSTINUS DJ. AKASE / 151413316
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Pembimbing 2 / NIDN
WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd / 0006038004
Abstrak
ABSTRAK
Ronny Agustinus DJ. Akase. 2014. Meningkatkan kemampuan siswa menceritakan
isi bacaan melalui model think pair share di Kelas V SDN 36 Kota Selatan Kota
Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu
Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Evi Hasim, M.Pd
dan pembimbing II Wiwy Triyanti Pulukadang, S.Pd, M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah "apakah model think pair share dapat
meningkatkan kemampuan siswa dalam menceritakan isi bacaan Kelas V di SDN
No. 36 Kota Selatan Kota Gorontalo?. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk
meningkatkan kemampuan siswa dalam menceritakan isi bacaaan dengan model
think pair share di kelas V SDN No. 36 Kota Selatan Kota Gorontalo.
Berdasarkan hasil penelitian, proses pembelajaran kemampuan siswa menceritakan
isi bacaan melalui model think pair share di Kelas V SDN 36 Kota Selatan Kota
Gorontalo pada observasi awal kemampuan yang diperoleh hanya berjumlah 4 orang
(40%), pada siklus I meningkat menjadi 6 orang (60%) dan pada siklus II
kemampuan meningkat lagi menjadi 9 orang ( 90%).
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan
model think pair share dapat meningkatkan kemampuan siswa menceritakan isi
bacaan di Kelas V SDN 36 Kota Selatan Kota Gorontalo.
Kata Kunci: Menceritakan Isi Bacaan, Model Think Pair Share.
Download berkas