Penulis / NIM
STENLY MOKODOMPIT / 151413320
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Pembimbing 2 / NIDN
NURHAYATI TINE, S.PdI, M.Hi / 0001048002
Abstrak
ABSTRAK
Stenly Mokodompit. 2015. Penggunaan Media Audio Visual pada Pembelajaran PKn dalam meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Kelas IV SDN 1 Kuhanga Kecamatan Bintauna Kabupaten Bolaangmongondow Utara. Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Hakop Walangadi, M.Si dan Pembimbing II Nurhayati Tine, S.Pd.I, M.H.I.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan media audio visual pada pembelajaran PKn dapat meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Kelas IV SDN 1 Kuhanga Kecamatan Bintauna Kabupaten Bolaangmongondow Utara. Tujuan dari pelaksanaan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa melalui penggunaan media audio visual pada pembelajaran PKn di Kelas IV SDN 1 Kuhanga Kecamatan Bintauna Kabupaten Bolaangmongondow Utara.
Metode yang dipakai dalam penelitian tindakan kelas. penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk siklus yang terdiri dari 4 tahap yaitu, Tahap Persiapan, Tahap Pelaksanaan tindakan, Tahap Pemantauan dan evaluasi, Tahap Analisis dan refleksi.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan Penelitian tindakan pada siklus 1 hanya 63.0% meningkat pada siklus 2 dari 23 orang siswa, terdapat 19 orang siswa atau 82.6% yang telah termotivasi dalam belajar khususnya pada materi pelajaran PKn atau dapat melebihi kriteria yang telah ditetapkan sebesar 80% sementara 4 orang atau 17.4% belum memiliki motivasi dalam belajar. Berdasarkan temuan ini pula jelas bahwa hipotesis penelitian yang berbunyi "Jika menggunakan media audio visual maka motivasi belajar siswa pada materi Pemerintahan Kabupaten di Kelas IV SDN 1 Kuhanga Kecamatan Bintauna Kabupaten Bolaangmongondow Utara akan meningkat" Dapat diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Motivasi belajar siswa ini, sangat erat hubungannya dengan kemampuan guru menerapkan media audio visual. Meskipun kualitas pembelajaran dapat ditingkatkan dan telah berdampak pada peningkatan motivasi belajar siswa, masih perlu pengembangan lebih lanjut. Hal ini sesuai dengan analisis data hasil penilaian, dimana motivasi belajar siswa belum dapat meningkat pada siklus I,sehingga harus diperbaiki dan disempurnakan pada siklus berikutnya (siklus II).
Kata Kunci : Media Audio Visual, Motivasi Belajar Siswa
Download berkas