SKRIPSI

Penulis / NIM
RIYANTI TUENO / 151413329
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Pembimbing 2 / NIDN
DR. MUCHTAR AHMAD, S.Pd, M.Si / 0004057805
Abstrak
ABSTRAK Riyanti Tueno. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Mencari pasangan Kartu Index Card Match (ICM) Dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Kelas II SDN 104 Kota Utara Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs H. Haris Mahmud, S.Pd, M.Si dan Pembimbing II Muchtar Ahmad, S.Pd, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktifitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS melalui model pembelajaran mencari pasangan kartu Index Card Match (ICM) di kelas II SDN No 104 Kota Utara Kota Gorontalo. Metode yang dipakai dalam penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk siklus yang terdiri dari 4 tahap yaitu, tahap persiapan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pemantauan dan evaluasi, tahap analisi dan refleksi. Hasil penelitian menunujukan dari empat aspek penilaian yaitu sering bertanya kepada guru, siswa mampu mengerjakan tugas, siswa mampu menjawab pertanyaan, dan senang diberi tugas, telah memenuhi target indikator yang ditetapkan, yaitu minimal rata-rata 75% siswa yang hadir menguasai tiap aspek penilaian tersebut. Pada kegiatan siklus I berada pada kisaran nilai rata-rata 47,37% atau berada pada kategori tidak tuntas sedangkan pada kegiatan siklus II berada pada kisaran 89,47% atau pada kategori tuntas. Dengan demikian secara keseluruhan aspek penilaian yang telah dilakukan dari abservasi awal, pelaksanaan pembelajaran siklus I, dan II, melalui penerapan model pembelajaran mencari pasangan kartu Index Card Match (ICM) dalam meningkatkan aktifitas belajar siswa pada pelajaran IPS kelas II SDN No. 104 Kota Utara Kota Gorontalo secara maksimal terhadap materi contoh-contoh bentuk kerjasama dilingkungan tetangga. Sehingga hipotetis yang berbunyi: Jika melalui penerapan model pembelajaran mencari pasangan kartu Index Card Match (ICM) maka aktivitas belajar siswa pada pelajaran IPS di kelas II SDN No. 104 Kota Utara Kota Gorontalo materi contoh-contoh bentuk kerjasama dilingkungan tetangga dapat ditingkatkan melalui penggunaan model pembelajaran mencari pasangan kartu Index Card Match (ICM). Kata Kunci : Aktifitas Belajar Siswa, Model Pembelajaran Mencari Pasangan Kartu Index Card Match (ICM)
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011