SKRIPSI

Penulis / NIM
SRI WAHYUNI NAUE / 151413331
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. RUSMIN HUSAIN, S.Pd., M.Pd / 0014046012
Pembimbing 2 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Abstrak
ABSTRAK SRI WAHYUNI NAUE. 2014. Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Persuasif Melalui Media Realia di Kelas III SDN 3 Tabongo Kabupaten Gorontalo. Skripsi. S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I : Dr. Hj. Rusmin Husain, S.Pd, M.Pd, Pembimbing II: Dra. Dajani Suleman, M.Hum Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah "Apakah melalui penggunaan media realia dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan persuasif siswa Kelas III SDN 3 Tabongo Kabupaten Gorontalo ?". Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis karangan persuasif melalui penggunaan media realia di Kelas III SDN 3 Tabongo Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Dengan teknik pengumpulan data observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis persentase. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, tiap siklus terdiri dari tahap awal, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pemantauan dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan anak dalam menulis karangan persuasif dengan media realia dapat ditingkatkan dengan menggunakan media realia. Temuan ini didukung dengan data hasil penelitian yang menunjukkan bahwa kegiatan obsevasi awal menunjukkan bahwa hanya 10 siswa (31.25%) dari 32 siswa yang memiliki kemampuan baik dalam menulis karangan persuasif dengan media realia. Pada siklus I jelas menunjukkan bahwa persentase siswa yang memiliki kemampuan untuk menulis karangan persuasif dengan media realia mengalami peningkatan yang cukup siginifikan yaitu menjadi 19 orang atau 59.38, selanjutnya pada siklus II persentase hasil capaian mengalami peningkatan yaitu 28 anak atau 87.50% siswa yang ada di SDN 3 Tabongo Kabupaten Gorontalo yang mampu menulis karangan persuasif. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis karangan persuasif di Kelas III SDN 3 Tabongo Kabupaten Gorontalo dapat ditingkatkan melalui penggunaan media realia Kata Kunci: Karangan Persuasif , Media Realia
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011