Penulis / NIM
SOFYA PILOMONU / 151413332
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Pembimbing 2 / NIDN
WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd / 0006038004
Abstrak
ABSTRAK
Sofya Pilomonu. 2014. Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan Melalui Metode Eja Pada Siswa Kelas I SDN 09 Marisa Kecamatan Marisa Kabupaten Pohuwato.Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Evi Hasim, M.Pd dan Pembimbing II Wiwy Triyanty Pulukadang, S.Pd,M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah dengan metode eja dapat meningkatkan kemampuan pada siswa kelas I SDN 09 Marisa Kecamatan Marisa Kabupaten Pohuwato dalam menulis permulaan?. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa menulis permulaan melalui metode eja di kelas I SDN 09 Marisa Kecamatan Marisa Kabupaten Pohuwato dan untuk memperbaiki proses pembelajaran menulis..
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 siklus observasi awal. Pada siklus I kemampuan siswa menulis permulaan meningkat menjadi 8 oarang atau persentase 40% dan yang tidak mampu sejumlah 12 orang atau 60 %. Selanjutnya pada tindakan siklus II kemampuan siswa menulis permulaan lebih meningkat menjadi 15 orang atau persentase 75% dan tidak mampu 5 orang atau 25%.
Kesimpulannya bahwa penggunaan metode eja dapat meningkatkan kemampuan menulis permulaan siswa kelas I SDN 09 Marisa Kecamatan Marisa Kabupaten Pohuwato.
Kata kunci: Kemampuan Menulis Permulaan, Metode Eja.
Download berkas