Penulis / NIM
MOHAMAD RAHMAT PANIGORO / 151413333
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Pembimbing 2 / NIDN
WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd / 0006038004
Abstrak
ABSTRAK
Moh. Rahmat Panigoro. 2014. Meningkatkan Kemampuan Siswa Menulis Karangan
Eksposisi Melalui Pendekatan kontekstual Kelas IV SDN Inpres Patuhu Kecamatan
Randangan Kabupaten Pohuwato. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar,
Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Evi
Hasim, M.Pd dan Pembimbing II Wiwy Triyanty Pulukadang, S.Pd, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Meningkatkan Kemampuan Siswa Menulis
Karangan Eksposisi Melalui Pendekatan kontekstual Kelas IV SDN Inpres Patuhu
Kecamatan Randangan Kabupaten Pohuwato kurang memuaskan karena tidak
memenuhi kriteria ketuntasan telah ditetapkan yaitu 75%. Adapun tujuan penelitian ini
adalah untuk mengetahui proses peningkatan Kemampuan Siswa Menulis Karangan
Eksposisi Kelas IV SDN Inpres Patuhu Kecamatan Randangan Kabupaten Pohuwato.
Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang
dilakukan Pada Siswa Kelas SDN Inpres Patuhu Kecamatan Randangan Kabupaten
Pohuwato. Karakteristik subyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV
yang berjumlah 20 orang terdiri dari 12 orang laki-laki dan 8 orang perempuan.
Berdasarkan hasil penelitian, proses Kemampuan Siswa Menulis Karangan Eksposisi
Melalui Pendekatan kontekstual Kelas IV SDN Inpres Patuhu Kecamatan Randangan
Kabupaten Pohuwato. Hal ini dibuktikan dengan kemampuan yang diperoleh siswa
sebelum menggunakan pendekatan kontekstual kemampuan hanya berjumlah 15 orang
atau sebesar 75%, pada siklus I meningkat menjadi 5 orang atau sebesar 25% dan pada
siklus II kemampuan meningkat lagi menjadi 19 orang atau ketuntasan sebesar 95%.
Kata Kunci: Kemampuan Menulis Karangan Eksposisi, pendekatan kontekstual.
Download berkas