SKRIPSI

Penulis / NIM
MASNITA / 151413336
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. YUSUF JAFAR, M,Pd / 0027095706
Pembimbing 2 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Abstrak
ABSTRAK Masnita. 2013. Meningkatkan Kemampuan Siswa Membaca Dan Menulis Permulaan Melalui Pendekatan Konstruktivisme Di Kelas II SDN 2 Botubilotahu Kecamatan Marisa kabupaten Pohuwato. Skripsi. Program Studi S1 Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Yusuf Djafar, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Ratnarti Pahrun, M.Pd Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme kemampuan siswa membaca dan menulis permulaan pada pelajaran bahasa Indonesia di SDN II Botubilotahu Kecamatan Marisa kabupaten Pohuwato dapat meningkat? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis permulaan melalui pendekatan konstruktivisme dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada Siswa kelas II SDN 2 Botubilotahu Kecamatan Marisa kabupaten Pohuwato.Adapun metode penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang berjumlah 24 orang. Berdasarkan hasil observasi awal bahwa kemampuan membaca permulaan yang memperoleh nilai 46% ( 13 siswa ).Selamjutnya di laksanakan tindakan siklus I yang menunjukkan kemampuan membaca permulaan meningkat menjadi 16 orang siswa atau 67% sedangkan yang memperoleh nilai rendah sebaanyak siswa atau 33%.Siklus II menunjukkan bahwa kemampuan membaca permulaan meningkat menjadi 20 orang siswa atau 83%,yang memperoleh nilai rendah sebanyak 4 orang atau 17%.Hasil pengamatan siklus II menunjukkan bahwa indikator pnlitian yang di tetapkan yakni 75% siswa memperoleh nilai tinggi sehingga penetapan hipotesis tindakan penelitian terbukti dan dapat di terima secara ilmiah.Dengan demikian dapat di simpulkan bahwa dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme dapat meningkatkan kemampuan membaca dan menulis permulaan di kelas II SDN 2 BOTUBILOTAHU Kec.Marisa Kab Pohuwato. Kata kunci : Membaca, Menulis dan Pendekatan Konstruktivisme
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011