Penulis / NIM
RITA KADIR / 151413337
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Pembimbing 2 / NIDN
SAMSI POMALINGO, S.Ag.MA / 0020057605
Abstrak
ABSTRAK
Rita Kadir. NIM. 151413337. "Analisis Kesulitan Belajar PKn pada Anak Tuna Grahita (Studi Kasus di Kelas III SLB Kota Gorontalo)". Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing IDr. ZulaechaNgiu, M.Pd dan pembimbing IISamsiPomalingo, S.Ag, MA.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kesulitan belajar PKn dan faktor-faktor apa yang menyebabkan kesulitan belajar pada anak Tunagrahita Kelas III SLB Kota Gorontalo?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar dan faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar PKn pada anak Tunagrahita Kelas III SLB Kota Gorontalo. Peneliti menggunakan penelitin deskriptif dengan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan meggunakan wawancara langsung, observasi langsung dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas III SLB Kota Gorontalo tergolong sedang. Dari data yang peneliti lakukaan terdapat beberapa siswa yang masih mengalami kesulitan dalam belajar PKn. Kesulitan yang dialami siswa meliputi kesulitan dalam hal berkomunikasi dengan guru maupun dengan temannya serta sulit untuk bergaul. Serta masih memiliki sifat egois yang tinggi
Adapun faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar PKn siswa kelas III SLB Kota Gorontalo adalah; kurangnya motivasi belajar dalam diri siswa sendiri, IQ yang kurang baik, rendahnya pemusatan perhatian siswa ketika proses belajar mengajar berlangsung, kurangnya perhatian dan motivasi orang tua terhadap anak didik, keterbatasan waktu saat proses belajar mengajar PKn, dan kurangnya sarana dan prasarana yang ada di sekolah. Upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan belajar PKn siswa kelas III SLB Kota Gorontalo diantaranya yaitu: guru menggunakan berbagai macam metode dalam mengajar, guru memberikan motivasi kepada siswa agar tetap belajar, guru juga memberikan perhatian khusus pada siswa yang mengalami kesulitan belajar dan mengumpulkan data mengenai siswa yang mengalami kesulitan belajar, selan itu guru juga memberi tugas kepada ssiswa dan guru juga memberikan program remedial secara individu untuk pemahaman siswa.
Kata Kunci: Sejumlah Kesulitan Belajar, Mata Pelajaran PKn,Tuna Grahita.
Download berkas