SKRIPSI

Penulis / NIM
RITA KADIR / 151413337
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Pembimbing 2 / NIDN
SAMSI POMALINGO, S.Ag.MA / 0020057605
Abstrak
ABSTRAK Rita Kadir. NIM. 151413337. "Analisis Kesulitan Belajar PKn pada Anak Tuna Grahita (Studi Kasus di Kelas III SLB Kota Gorontalo)". Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing IDr. ZulaechaNgiu, M.Pd dan pembimbing IISamsiPomalingo, S.Ag, MA. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kesulitan belajar PKn dan faktor-faktor apa yang menyebabkan kesulitan belajar pada anak Tunagrahita Kelas III SLB Kota Gorontalo?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar dan faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar PKn pada anak Tunagrahita Kelas III SLB Kota Gorontalo. Peneliti menggunakan penelitin deskriptif dengan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan meggunakan wawancara langsung, observasi langsung dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas III SLB Kota Gorontalo tergolong sedang. Dari data yang peneliti lakukaan terdapat beberapa siswa yang masih mengalami kesulitan dalam belajar PKn. Kesulitan yang dialami siswa meliputi kesulitan dalam hal berkomunikasi dengan guru maupun dengan temannya serta sulit untuk bergaul. Serta masih memiliki sifat egois yang tinggi Adapun faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar PKn siswa kelas III SLB Kota Gorontalo adalah; kurangnya motivasi belajar dalam diri siswa sendiri, IQ yang kurang baik, rendahnya pemusatan perhatian siswa ketika proses belajar mengajar berlangsung, kurangnya perhatian dan motivasi orang tua terhadap anak didik, keterbatasan waktu saat proses belajar mengajar PKn, dan kurangnya sarana dan prasarana yang ada di sekolah. Upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan belajar PKn siswa kelas III SLB Kota Gorontalo diantaranya yaitu: guru menggunakan berbagai macam metode dalam mengajar, guru memberikan motivasi kepada siswa agar tetap belajar, guru juga memberikan perhatian khusus pada siswa yang mengalami kesulitan belajar dan mengumpulkan data mengenai siswa yang mengalami kesulitan belajar, selan itu guru juga memberi tugas kepada ssiswa dan guru juga memberikan program remedial secara individu untuk pemahaman siswa. Kata Kunci: Sejumlah Kesulitan Belajar, Mata Pelajaran PKn,Tuna Grahita.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011