Penulis / NIM
FATMAWATI DEWI HARTON SABIHI / 151414003
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. MARTIANTY NALOLE, M.Pd. / 0005035908
Pembimbing 2 / NIDN
ISMAIL PIOKE, S.Pd, M.Pd / 0024105703
Abstrak
ABSTRAK
Fatmawati Dewi Harton Sabihi. 2018. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Median Dan Modus Melalui Metode Bermain Kartu Angka Di Kelas V SDN 15 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo, Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Martianty Nalole, M.Pd, dan Pembimbing II Ismail Pioke, S.Pd, M.Pd
Rumusan masalah Apakah dengan melalui metode bermain kartu angka hasil belajar siswa kelas V SDN 15 Telaga Biru pada materi median dan modus akan meningkat ?. Dan tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi median dan modus melalui metode bermain kartu angka di kelas V SDN 15 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 4 tahap yaitu persiapan, pelaksanaan tindakan, pemantauan dan evaluasi, dan analisis dan refleksi dengan teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, tes dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I yang tuntas sebanyak 10 siswa dengan presentase 41,67% dan yang tidak tuntas sebanyak 14 siswa dengan presentase 58,33% hal ini belum sesuai dengan indikator yang ditetapkan yakni minimal 70% siswa yang dikenai tindakan memperoleh nilai 70 keatas sehingga dilanjutkan pada siklus ke II , pada siklus ke II yang tuntas sebanyak 23 dengan presentase 95,83% dan yang belum tuntas sebanyak 1 siswa dengan presentase 4,17% kemudian siswa yang belum tuntas tersebut diberikan bimbingan secara khusus. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa dengan melalui Metode Bermain Kartu Angka Pada Materi Median Dan Modus Di Kelas V SDN 15 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo Meningkat.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Median dan Modus, Metode Bermain Kartu Angka
ABSTRACT
Sabihi, Fatmawati Dewi Harton. 2018. Improving Students' Learning Outcomes on Median Material and Mode through Playing Cards Number Method at Grade V Elementary School SDN 15 Telaga Biru Gorontalo Regency, Undergraduate Thesis. Department of Elementary Teacher Education Faculty of Education Universitas Negeri Gorontalo. Principal Supervisor: Dra. Martianty Nalole, M.Pd, Co-supervisor: Ismail Pioke, S.Pd, M.Pd.
The problem statement of this research is can playing the cards of numbers improve students' learning outcomes at grade V Elementary School SDN 15 Telaga Biru on median materials and mode? The purpose of this study is to improve students' learning outcomes on median materials and mode through the method of playing number cards in the site area. This classroom action research was conducted in 4 stages: preparation, action/implementation, monitoring and evaluation, analysis and reflection with data collection technique consist of observation, test, and documentation.
The results show that in the complete cycle I of 10 students with a percentage of 41.67% and the incomplete as many as 14 students with a percentage of 58.33% is not in accordance with the established indicator that is at least 70% of students who were subjected to the act of obtaining the value 70 upwards so that continued on the second cycle. On the second complete cycle of 23 with a percentage of 95.83% and unfinished by 1 student with a percentage of 4.17% and then the unfinished student is given special instruction. Based on the results of the research and discussion, it concludes that students' learning outcome, through the Method of Playing Card of Numbers on Median Material and Mode at V Elementary School SDN 15 Telaga Biru Gorontalo Regency, improve.
Keywords: Learning Outcomes, Median and Mode, Number Cards Playing Method
Download berkas