Penulis / NIM
WINDIA TAMU / 151414007
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Pembimbing 2 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Abstrak
ABSTRAK
Windia Tamu, 2018. Penerapan Metode Eja Dalam Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas II SDN 02 Paguyaman Kabupaten Boalemo. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Evi Hasim, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Dajani Suleman, M.Hum
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah "bagaimana penerapan metode eja dalam membaca permulaan pada siswa kelas II SDN 02 Paguyaman Kabupaten Boalemo, tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan metode eja dalam membaca permulaan pada siswa kelas II SDN 02 Paguyaman Kabupaten Boalemo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode eja dalam membaca permulaan pada siswa kelas II SDN 02 Paguyaman Kabupaten Boalemo sudah maksimal. Hal ini ditinjau dari langkah-langkah penerapan metode eja, aktivitas siswa dalam pembelajaran dan hasil belajar dalam pembelajaran membaca permulaan, dari 25 siswa yang mampu 22 siswa atau 88% sedangkan sisanya 3 siswa atau 12% kurang mampu dalam membaca permulaan dengan metode eja. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa yang dicapai oleh siswa dapat dikategorikan bahwa metode eja memberikan dampak yang signifikan kepada siswa dalam membaca permulaan.
Kata Kunci : Metode Eja, Membaca Permulaan
ABSTRACT
Tamu, Windia, 2018. Implementation of Spelling Method in Preliminary Reading Activity in Second Grade Students of Elementary School SDN 02 Paguyaman, Boalemo Regency. Undergraduate Thesis. Department of Elementary Teacher Education, Faculty of Education, Universitas Negeri Gorontalo. Principal Supervisor: Dra. Evi Hasim, M.Pd. Co-supervisor: Dra. Dajani Suleman, M.Hum.
This research aims to investigate the implementation of spelling method in preliminary reading activity in second grade students of Elementary School SDN 02 Paguyaman, Boalemo Regency. It is formulated based on the research question. Moreover, the study employed descriptive qualitative method.
The result shows that the spelling method is maximally implemented in preliminary reading activity at the research site. As observed from the implementation phases of spelling method, students' activity during learning process, and students' learning outcome, 88% of the class or 25 students perform well in preliminary reading activity, while the rest 12% (3 students) perform poorly. Therefore, the study concludes that spelling method contributes significantly to students' skills in preliminary reading activity.
Keywords: Spelling method, Preliminary reading
Download berkas